Curug Cileat, Pesona Air Terjun Indah di Subang Cocok Jadi Destinasi Libur Imlek 2023

Rizal Fadillah
Curug Cileat. (Foto: Instagram @ale1708_)

SUBANG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Curug Cileat menjadi salah satu tempat wisata alam yang cocok dikunjungi di momen libur imlek 2023 kali ini.

Ya, seperti diketahui di pekan ini liburan panjang akan dinikmati oleh masyarakat Indonesia setelah pemerintah memutuskan Senin (23/1/2023) sebagai hari Cuti Bersama Imlek.

Salah satu kegiatan umum yang biasa dilakukan masyarakat tak lain adalah dengan pergi liburan. Dan, Curug Cileat bisa menjadi salah satu destinasi pilihan Anda dan keluarga.

Curug Cileat merupakan satu dari banyaknya air terjun yang ada di Subang, Jawa Barat. Subang sendiri menjadi satu daerah di Jawa Barat yang kaya akan hasil alamnya sehingga tak heran banyak destinasi wisata disana. 

Air terjun satu ini lokasinya berada ditengah hutan dan dikelilingi oleh tebing bebatuan yang berukuran besar. Aliran air terjunnya mengalir deras menghantam bebetauan dibawahnya yang terlihat sangat menawan.

Namun sayangnya, wisatawan tak bisa melakukan aktivitas berenang, karena curug ini dipenuhi dengan bebatuan terjal yang berbahaya.

Curug Cileat menjadi air terjun tertinggi di Subang dengan ketinggian mencappai 100 meter. Arus airnya begitu kencang dan deras yang membuat angin disekitar lokasi begitu semilir.

Penamaan Curug Cileat ini berasal dari bahasa Sunda yaitu “Tiporeat” yang artinya terjatuh. Nama tersebut dikaitkan pada misteri Curug Cileat yang tersebar dari mulut ke mulut.

Konon, dulunya terdapat dua orang pangeran yang berlomba untuk sampai dilaut. Namun, seorang pangeran berlari dengan cepat ke arah utara dan terjatuh di Curug Cileat tersebut.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di Curug Cileat ini, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000/orang. Untuk biaya tambahan yang harus Anda keluarkan yaitu retribusi parkir kendaraan Rp3.000/motor dan Rp5.000/mobil.

Destinasi wisata alam Curug Cileat bisa Anda kunjungi dengan mudah. Karena akses jalan yang sudah baik dengan plang penunjuk jalan yang akan memudahkan perjalanan Anda. Lokasi dari Curug Cileat berada di Cibogo, Cupunagara, Gardusayang, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Anda bisa mengunjungi obyek wisata air terjun Curug Cileat menggunakan kendaraan dengan menempuh perjalanan kurang lebih 60 menit. Karena jarak Curug Cileat ketika anda berangkat dari pusat kota Subang sekitar 29 km.

Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berada di Curug Cileat, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Trekking Yang Menantang

Banyak yang mengatakan bahwa perjalanan trekking menuju lokasi Curug Cileat ini cukup sulit. Hal tersebut dikarenakan akses jalan yang sempit, terjal, dan curam sehingga membutuhkan waktu lebih lama.

Tak hanya itu, Anda akan dibawa untuk melintasi hutan yang lebat dan berjalan diantara pepohonan yang rimbun. Kurang lebih sekitar 2 jam lamanya waktu perjalanan yang akan anda lalui. Namun semuanya akan terbayarkan sesampainya anda di Curug Cileat tersebut.

2. Menikmati Sajian Alam

Menikmati keindahan alam Curug Cileat akan mendamaikan jiwa dan pikiran siapa saja yang mengunjungi obyek wisata satu ini. Selain menikmati panorama alam yang ada di Curug Cileat, Anda juga bisa bermandi-mandi di air Curug Cileat.

Bisa menjadi spot healing yang rekomended untuk dilakukan disaat jiwa dan pikiran sedang jenuh atau penat. Anda juga bisa camping ataupun kemah di sekitar Curug Cileat untuk mendapatkan sensasi perjalanan wisata yang tak terlupakan.

3. Hunting Foto

Keindahan dari Curug Cileat juga rekomended untuk setting fotografi. Dapatkan foto instagenic untuk kebutuhan feed media sosial anda di Curug Cileat.

Jangan sampai terlewatkan untuk berswafoto dan mengabadikan momen, karena banyak sudut fotografi yang mendukung. Nikmati sajian alam yang begitu menawan dan dapatkan pengalaman berkunjung yang tak terlupakan.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network