5 Kota Terbesar di Jawa Barat, Nomor 4 Pernah Punya Wali Kota Ridwan Kamil

Aqeela Zea
Daftar kota terbesar di Jawa Barat, bukan Bandung. Foto: tripzilla

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Jawa Barat tercatat hanya memiliki 9 kota dan sisanya adalah kabupaten. Namun tahukah, kota terluas di Jawa Barat bukan Bandung.

Sebagaimana diketahui, jumlah penduduk terbanyak di Indonesia ada di Jawa Barat. Tercatat ada sekitar 49 juta jiwa yang tersebar di 27 kota/kabupaten.

Selama ini mungkin masih banyak yang menyangka kota terbesar di Jabar adalah Bandung. Padahal posisi Kota Kembang hampir di urutan buncit jika diurutkan dari 5 besar.

Tunggu apalagi, berikut daftar 5 kota terbesar di Jawa Barat yang dirangkum dari berbagai sumber:

5. Bogor

Di urutan kelima ada Kota Bogor. Dipimpin Bima Arya, kota ini memiliki luas wilayah sebesar 118,50 kilometer persegi.

Kepadatan pendudukan Kota Bogor bisa dikatakan cukup tinggi. Tercatat dengan luas wilayah tersebut, Kota Bogor memiliki jumlah penduduk 1.064.687 jiwa.

Salah satu alasan Bogor cukup padat lantaran kawasannya masuk ke dalam Jabodetabek. Selain itu, kota yang identik dengan talas ini cukup dekat dengan ibukota.

Bogor juga menjadi salah satu target kota untuk menempuh studi. Kampus yang cukup familiar di sana adalah Institut Pertanian Bogor (IPB).

4. Bandung

Setelah Bogor, selanjutnya ada Kota Bandung yang bertengger di urutan keempat. Kota yang pernah dipimpin Ridwan Kamil bersama almarhum Oded M Danial itu memiliki luas wilayah sebesar 167, 67 kilometer persegi.

Meskipun menjadi ibukota provinsi tak menjadikan Bandung menjadi kota yang terluas. Hanya saja, pusat pemerintahan tingkat kota dan provinsi ada di Kota Bandung.

Pada 2021 lalu, Kota Bandung tercatat memiliki jumlah penduduk sebesar 2,53 juta jiwa. Kepadatan penduduk kota yang kini dipimpin Yana Mulyana sebesar 15,17 ribu per km persegi.

Bandung juga menjadi salah satu kota pendidikan. Ada Unpad dan ITB yang paling terkenal.

3. Tasikmalaya

Kota Tasikmlaya berada di urutan ketiga kota terluas di Jawa Barat. Dengan luas sebesar 171,61 km persegi, kepadatan penduduk Kota Tasikmalaya sebesar 4.260 jiwa per kilometer persegi.

Kota ini baru saja meresmikan Alun-Alun Singaparna yang sudah direvitalisasi oleh provinsi. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang meresmikan langsung sebagai tanda sayang untuk warga Tasikmalaya.

2. Depok

Di urutan kedua ada Kota Depok dengan luas wilayah 200,29 km persegi. Kota ini bisa disebut sangat strategis lantaran sangat berdekatan dengan ibukota Jakarta.

Mobilitas kota ini sangat tinggi, bahkan mayoritasnya adalah pendatang. Terintegrasi dengan commuter line, akases transportasi ke ibukota kian dipermudah.

1. Bekasi

Kota Bekasi menjadi kota terbesar di Jawa Barat. Luas wilayah kota ini adalah 206,61 kilometer persegi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, jumlah penduduk Kota Bekasi sebanyak 2.464.719 jiwa. Kota ini juga masuk kawasan elite.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network