Cara Atasi Susah BAB di Pagi Hari, 5 Makanan ini Bisa Jadi Solusi

Aqeela Zea
Sulit BAB bisa diatasi dengan cara mengonsumsi 5 makanan ini. Foto: Ilustrasi/Freepik

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Susah buang air besar (BAB) memang jadi masalah umum setiap orang. Terlebih kesulitan ini dirasakan di pagi hari saat akan memulai aktivitas.

Memang masalah sulit BAB seperti sepele. Namun nyatanya susah BAB menyita banyak waktu di toilet. Selain perut tetap terasa penuh, ini juga membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

Salah satu penyebab sembelit atau konstipasi di antaranya sistem pencernaan yang buruk atau lambat. Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu BAB agar lebih lancar.

Dikutip dari NDTV, Ahli diet Akanksha J Sharda mengungkapkan sejumlah makanan yang bisa membantu setiap orang mengatasi masalah sembelit. Manfaatnya mulai dari meningkatkan pergerakan usus, kesehatan usus dan menghindari sembelit.

Berikut ini lima makanan tersebut yang bisa dicoba:

1. Buah dan sayuran

Dua makanan sehat tersebut, selain kaya akan serat juga masih ditambah dengan kandungan zat antioksidan serta nutrisi lain yang membantu pencernaan dan kesehatan usus.

Makanlah apel, jeruk, pisang, sampai buah-buahan beri misalnya stroberi, raspberi, serta bluberi.

2. Ubi jalar

Selain cocok dimakan hangat di cuaca dingin seperti sekarang, ubi jalar juga dikenal dapat meredakan sembelit lantaran kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan.

3. Probiotik

Probiotik merupakan bakteri penting yang meningkatkan kesehatan usus. Biasanya ini terdapat dalam makanan fermentasi seperti yoghurt, kefir, kombucha serta biji chia.

Dapat membantu meningkatkan kesehatan usus, maka dari itu probiotik dikenal untuk memperbaiki pencernaan serta meredakan sembelit.

4. Buah tin dan kismis

Buah tin dan kismis kering yang manis, disebutkan sangat baik guna melancarkan pencernaan.

Cara terbaik untuk mengonsumsinya yakni cukup dengan direndam dalam air semalaman, lalu dimakan keesokan paginya.

5. Zaitun dan minyak biji rami

Zaitun dan flax seeds kaya dengan serat tidak larut dan larut, yang bekerja sama guna membantu pencernaan. Bijinya juga menyediakan lemak sehat serta berbagai nutrisi lain guna meningkatkan fungsi usus.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network