Amankan Nataru di Kota Bandung, 1.560 Personel Siaga di Titik Rawan

Agus Warsudi
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono (FOTO: DOK)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Sebanyak 1.560 personel gabungan dari Polrestabes Bandung dan instansi terkait dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di Kota Bandung. Personel disiagakan di sejumlah gereja dan titik-titik strategis dan rawan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, 1.560 personel itu gabungan TNI dan Polri, baik Polrestabes Bandung maupun Polda serta instansi terkait lainnya.

Sterilisasi gereja akan dilakukan sehari sebelum perayaan Natal 2023 untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para jemaat.

"Nanti akan ada jadwal sterilisasi. Sebelum pelaksanaan pengamanan Natal 2023, ada sterilisasi gereja," kata Kapolretabes Bandung Kombes Budi Sartono seusai Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Lodaya, Selasa (19/12/2023.

Kombes Pol Budi Sartono menyatakan, pada malam tahun baru, personel gabungan juga akan melakukan pengamanan di titik-titik rawan keramaian yang berpotensi mengganggu kamtibmas. Personel juga melaksanakan patroli keliling kota.

"Pada malam tahun baru kami akan melaksanakan pengamanan di tempat-tempat yang menjadi titik keramaian dan kemacetan di sekitar Bandung baik ke Lembang, Pangalengan, dan lain lain," ujar Kombes Pol Budi Sartono.

Kapolrestabes Bandung menuturkan, Polrestabes Bandung mendirikan 16 pos pengamanan (pospam) dan 5 pos pelayanan (posyan) untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat libur Nataru di Kota Bandung.

"Saya mengimbau warga Bandung dan wisatawan untuk ikut menciptakan kamtibmas di Kota Bandung selama libur Nataru. Bandung ini tempat wisata. Warga dari luar kota banyak yang datang melaksanakan kegiatan liburan atau wisata," tutur Kapolrestabes Bandung.

"Para pendatang yang menikmati hiburan atau liburan, silakan berwisata dengan baik. Kami akan mengamankan. Kami melaksanakan patroli sehingga tidak ada gangguan Kamtibmas Kota Bandung," ucap dia.

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network