Jasa Marga Prediksi Ada 1,8 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek pada Lebaran 2024

Rizal Fadillah
Ilustrasi mudik lebaran. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - PT Jasa Marga memprediksi, sebanyak 1,8 juta kendaraan akan melakukan mudik Lebaran 2024 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Senior General Manager, Jasa Marga Metropolitan Toll Road Regional Division, Widiyatmoko mengatakan, jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun 2023.

"Prediksi secara keseluruhan ada 1,8 juta kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabodetabek pada h-7 dan hari kedua Idul Fitri," ucap Widiyatmoko, Sabtu (23/3/2024).

Pihaknya meyakini, jika mudik Lebaran 2024 akan lebih ramai dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Total volume lalu lintas meninggalkan Jabodetabek ini meningkat 5,94 persen jika dibandingkan dengan periode hari raya Idul Fitri 2023," tandasnya.

Sebelumnya, Widiyatmoko mengungkapkan, puncak mudik lebaran wilayah Jabodetabek terjadi pada H-5 lebaran. Sementara untuk puncak arus balik diprediksi bakal terjadi pada 15 April 2024.

"Untuk arus mudik, puncaknya diprediksi terjadi pada tanggal 6 April 2024, di tanggal itu peningkatan kedatangan mulai terjadi. Kalau arus balik tanggal 15 April 3024," katanya.

Widiyatmoko menjelaskan, Jasa Marga kini terus mengebut infrastruktur pendukung seperti perbaikan jalan dan pemenuhan kebutuhan kelancaran untuk lalu lintas jalan lainnya. Dia memastikan, hal itu akan selesai pada H-10 sebelum mudik.

"Perbaikan jalan seperti diketahui kalau melintas Tol Cipularang dan Padaleunyi banyak sekali proses rekonstruksi, perbaikan yang sedang kami lakukan untuk mempercepat penanganan. Ini bisa selesai paling tidak sampai H-10 sudah siap," imbuhnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network