BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur menggelar West Java Sales Mission di Kota Surabaya, pada 22-23 Mei 2024.
Kegiatan tersebut ditujukan untuk mempromosikan potensi pariwisata dengan memperkenalkan destinasi unggulan Jabar, yang dikombinasikan melalui penawaran paket wisata yang lengkap kepada masyarakat.
Pemilihan Jatim sebagai lokasi pelaksanaan West Java Sales Mission bukan tanpa alasan. Sejauh ini, Jabar dan Jatim masih termasuk dalam wilayah unggulan wisata di Indonesia.
Oleh karena itu, perlunya memperkuat kolaborasi demi mengangkat potensi wisata, budaya, maupun ekonomi kreatif di kedua provinsi.
Gelaran West Java Sales Mission 2024 yang diselenggarakan di Kota Surabaya dihadiri 30 Seller yang terdiri dari Perusahaan Industri Pariwisata dan Asosiasi Pariwisata. Dalam kesempatan itu, lebih dari 12 Provinsi juga turut hadir sebagai buyer. Total estimasi minat transaksi yang terdata dalam acara tersebut bahkan mencapai Rp15 miliar.
“Acara ini tidak hanya menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan antar wilayah, tetapi juga sebagai platform yang berharga bagi kami dalam memperkenalkan kekayaan budaya dan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Jawa Barat kepada para pemangku kepentingan di Jawa Timur,” kata Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar, Kamis (23/5/2024).
“Dengan adanya kegiatan ini, kami harap kedepannya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat menjalin hubungan yang sinergis dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai upaya meningkatkan promosi pariwisata, mengembangkan produk wisata yang inovatif, serta memperluas aksesibilitas bagi para wisatawan, serta tentunya dapat menciptakan kesadaran masyarakat bahwa Jawa Barat memiliki destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi,” tambahnya.
Kepala Disbudpar Jatim, Evy Afianasari mengatakan, hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Ketajati di Kabupaten Majalengka memudahkan akses wisatawan untuk mengunjungi Jabar. Selain itu, juga terdapat Tol Trans Jawa yang memungkinkan wisatawan dari Surabaya menuju Jabar dalam waktu tempuh sekitar 7 sampai 8 jam saja.
“Melanjutkan kesuksesan pelaksanaan Bursa Pariwisata tahun 2023, Provinsi Jawa Timur akan kembali menyelenggarakan Bursa Pariwisata 2024 yang pada kali ini bekerja sama dengan Jawa Barat. Dengan harapan, kegiatan ini akan menjadi brand nasional dalam event travel fair B2C dan B2B dalam medapatkan harga penawaran yang menarik,” kata Evy.
Acara West Java Sales Mission turut dihadiri Ketua Tim Kerja Misi Penjualan Kemenparekraf RI Bulqis Chairina. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh para seller dan buyer dari pelaku industri pariwisata maupun asosiasi pariwisata.
Editor : Rizal Fadillah
Artikel Terkait