Hore! CFD dan CFN di Alun-alun Sumedang Bakal Kembali Digelar

Rizal Fadillah
CFD dan CFN di Alun-alun Sumedang Bakal Kembali Digelar. (Foto: Ist)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang berencana akan kembali menggelar Car Free Day (CFD) dan Car Free Night (CFN) di kawasan Alun-alun Sumedang. Sebelumnya, CFD dihentikan menyusul adanya pandemi Covid-19. 

CFD digelar berdasarkan Perbup No 77 tahun 2017 tentang pelaksanaan tentang Hari Bebas Berkendara. Di CFD, berbagai kegiatan digelar asyarakat mulai dari olahraga, seni, layanan publik dan jadi pusat jajanan dengan melibatkan para UMKM.

"Car free night digelar Sabtu di akhir bulan pukul 18.00 sampai 23.00 sedangkan car free day rutin setiap hari Minggu pukul 06.00 sampai 10.00. Kami sedang kaji bersama Forkopimda," kata Kepala Bidang Keselamatan Pengawasan Lalu lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan, Gungun Nugraha, Kamis (6/6/2024).

Sementara itu, Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli menyebutkan, CFD dan CFN merupakan wahana bagi masyarakat untuk berolahraga, silaturahmi, dan rekreasi serta memberi ruang bagi para penggiat seni dan pemuda kreatif untuk mengekspresikan diri serta melibatkan UMKM.

"Kami ingin menjadikan CFD dan CFN ini sebagai upaya bersama untuk membangkitkan kembali geliat ekonomi terutama menghapuskan kemiskinan ekstrem masyarakat Sumedang melalui pemberdayaan UMKM supaya mereka bisa naik kelas,” kata Yudia.

Menurutnya, CFD dan CFN tidak boleh menjadi pusat pedagang semacam pasar, tetapi harus tertata dengan baik. Pemkab Sumedang membolehkan adanya pedagang kaki lima (PKL) di kegiatan periodik tersebut, namun dengan jumlah terbatas.

“Ruh CFD dan CFN harus benar-benar dapat tapi harus tertata dengan baik. Kami yakin dampaknya sangat positif bagi masyarakat. Untuk itu perlu komitmen bersama, disiapkan dengan baik dari awal pelaksanaan hingga selesai acara," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network