Kuliah Umum di IPDN Jatinangor, Bahlil: Hilirasasi Penting untuk Wujudkan Indonesia Emas

Agus warsudi
Menteri Investasi/Kepala BKPM Balil Lahadalia disematkan lencana oleh Rektor IPDN Prof Hadi Prabowo. (FOTO: AGUS WARSUDI)

BANDUNG, iNews BandungRaya.id - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memberikan kuliah umum bertema "Kepemimpinan Transformasional dan Strategi Hilirisasi Nasional Menuju Indonesia Emas 2045" di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Jalan Raya Bandung-Sumedang, Kamis (11/7/2024).

Dalam pemaparannya, Bahlil Lahadalia mengatakan, hilirisasi penting dilakukan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia emas pada 2045. Sebab, hilirisasi menciptakan sumber pendapatan negara.

“Kalau mau menuju Indonesia emas, pertumbuhan ekonomi harus di atas 7 persen. Pendapatan perkapita harus di atas USD10.000. GDP harus 5-6 terbesar di dunia. Karena itu dibutuhkan mesin pendongkrak ekonomi,” kata Bahlil.

Menurut Bahlil, salah satu mesin pendongkrak ekonomi adalah hilirisasi. Kementerian Investasi membuat desain besar untuk hilirisasi, baik di sektor minyak dan gas, mineral dan batubara, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan pertanian.

“Kami menciptakan nilai tambah di sini, supaya menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau lapangan pekerjaan tercipta, hilirisasi terbangun, pendapatan negara naik, upah naik, gaji pegawai negeri juga naik,” ujar Bahlil.

Karena itu, tutur Bahlil, BKPM mendorong setiap investasi yang masuk ke daerah, wajib berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha dan UMKM-UMKM lokal.

“Orang daerah harus menjadi tuan di negeri sendiri, jangan jadi penonton. Tugas nanti praja-praja yang baru selesai pulang jadi pegawai daerah, tolong tuntun teman-teman yang baru selesai sekolah untuk menjadi pengusaha supaya mereka bisa membangun daerah dan ekonominya bisa dikuasai sendiri,” tutur Menteri Investasi.

Sementara itu, Rektor IPDN Prof Hadi Prabowo mengatakan, hilirisasi adalah merupakan proses transformasi ekonomi berkelanjutan yang mendasarkan pada komoditas bernilai tambah tinggi guna memasuki struktur ekonomi yang lebih kompleks.

“Hilirisasi diharapkan bisa meningkatkan produktivitas, nilai tambah, sehingga kita bisa mampu meningkatkan nilai rantai pasok industri kemudian kita bisa melindungi komoditas kita dari gejolak harga kemudian kita bisa mencapai puncak pohon industri dan tentu mendukung kekuatan ekonomi dalam negeri,” kata Rektor IPDN.

Progres Pembangunan IKN 

Seusai kuliah umum, Bahlil menyempatkan diri memberikan keterangan pers kepada wartawan. Bahlil menjawab tentang progres pembangunan bandara di Ibu Kota Negara (IKN) segera rampung atau selesai. Bandara itu akan siap digunakan sebelum 17 Agustus 2024. 

Sebab IKN akan jadi lokasi upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024.

"Bandaranya akan jadi sebelum 17 Agustus. Kami akan mendarat di bandara. Kemudian jalan tol juga hampir jadi. Ya kita doakan mudah-mudahan tinggal sekitar 10 km. Andaikan pun itu gak selesai, akan keluar di jalan utama dan semuanya sudah aspal. Itu menyangkut infrastruktur persiapan IKN," kata Bahlil seusai memberi kuliah umum di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang, Kamis (11/7/2024). 

Bahlil menyatakan, investasi di klaster pertama, didominasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). "Di klaster pertama ini adalah semacam kalau istana itu Sarinah-nya lah ya. Sarinah, Menteng. Nah ini semuanya PMDN. Semua investasinya PMDN. Nilai investasinya saya lupa," ujar Bahlil. 

"Tapi yang jelas semua investasi hotel. Kemudian, tempat-tempat, fasilitas umum, restoran, rumah sakit, gedung pertemuan, sarana olahraga, itu semua PMDN," tutur dia.

Alasan PMDN dominan di klaster pertama, tutur Menteri Investasi, sebab klaster pertama adalah klaster inti. Di klaster kedua baru ada investasi asing atau Penanaman Modal Asing (PMA).

"Saya di DPR menyampaikan bahwa untuk pada kluster pertama total semua PMDN, tidak ada PMA. Nanti klaster kedua baru PMA. Kenapa, karena kami ingin klaster pertama sangat strategis harus dimiliki oleh orang Indonesia semua," tutur Menteri Investasi.

Disinggung tentang isu presiden terpilih Prabowo Subianto tidak mau berkantor di IKN, Bahlil mengatakan, Prabowo dipastikan hadir saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI. 

"Kata siapa? Jangan pakai kata informasi yang gak benar. Insya Allah, Pak Prabowo siap berkantor di IKN. Akan kita lihat lah ya, apa yang diputuskan. Yang jelas Pak Prabowo akan upacara 17 (Agustus) khusus di IKN," ucap Bahlil.

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network