Yudia Ramli Diberi Gelar Haji Raden, Ternyata Keturunan Kerajaan Sumedang Larang

Rizal Fadillah
Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli. (Foto: Ist)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli menyandang gelar Raden dalam Kerajaan Sumedang Larang. Gelar tersebut diberikan usai Yudia Ramli diketahui masih memiliki silsilah keturunan Kerajaan Sumedang Larang.

Gelar Raden itu disematkan langsung dari Sri Radya Pangawulan Sumedang Larang, H.R.I Lukman Soemadisoeria di Karaton Sumedang Larang, pada Rabu (10/7/2024). Dengan ini, Yudia Ramli merupakan keturunan ke-19 trah Karaton Sumedang Larang.

Menurutnya, penyematan gelar Raden Kerajaan Sumedang Larang tentu bukan tanpa alasan. Kerajaan telah melakukan penelusuran dan memverifikasi silsilah Keraton Sumedang Larang bersama dengan keluarga Pj Bupati Sumedang.

"Sangat benar sekali bahwa H. R. Yudia Ramli merupakan keturunan dari Sumedang Larang, keturunan raja pertama Sumedang Larang yaitu Prabu Tadjimalela. Setelah penyerahan silsilah ini mudah-mudahan lebih merekatkan tali silaturahmi antara kami," ucap Lukman.

Sementara itu, Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli mengatakan, pengakuan yang diberikan Karaton Sumedang Larang tersebut sebagai suatu anugerah.

"Penyerahanan silsilah Karaton Sumedang Larang ini merupakan suatu anugerah buat saya. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan sinergitas antara Karaton dengan Pemkab Sumedang dalam penyelenggaraan program-program Pemkab Sumedang," kata Yudia.

Yudia pun menyambut baik ajakan Karaton Sumedang Larang untuk bersinergi membangun Sumedang, dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di Sumedang.

"Karena potensi itu tidak bisa dilakukan oleh hanya Pemerintah Kabupaten Sumedang sendiri, kami harus bersinergi berkolaborasi dengan semua lini potensi yang ada di Sumedang, dan yang utama bagaimana Karaton Sumedang Larang ini ingin membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah," tuturnya.

Diketahui, leluhur Yudia Ramli berasal dari Limbangan Garut tetapi kakek buyutnya masih dari Sumedang. Sumedang bukan kampung orang lain karena Uyut Salinggih yang masih trahnya dari Sumedang.

Hasil penelusuran Karaton Sumedang Larang, KHR Salinggih atau Raden Ibrahim merupakan keturunan ke-13 dari pendiri Sumedang Larang atau Prabu Tadjimalela atau Batara Tuntang Buana.

Salinggih menikah dengan NR. Lulu Alamiah memiliki putra KHR. Kosasih kemudian berputra NR. Alamiah, berputra KHR. Zakarsyi Hasan Maulani, berputra KHR. Ahmad Badrudin, berputra, HR. Ending Maulani, berputra, HR. Yudia Ramli. Pj Bupati Yudia Ramli ini menjadi keturunan ke-19.

Sementara dari Salinggih ke atas, silsilahnya RM Tjandradipa-KHR. Abdul Moetolib-RD Singamanggala yang merupakan putra Pangeran Rangga Gede Koeoemahadinata IV (Bupati Sumedang 1625-1633).

Pangeran Rangga Gede ini keturunan ke-9 dan merupakan anak dari Raja Sumedanglarang Prabu Geusan Ulun dari istri Nyi Mas Cukang Gedeng Waru.

Geusan Ulum putra dari Ratu Pucuk Umum/Ratu Inten Dewata yang menikah dengan Pangeran Santri. Pucuk Umum ini memiliki ibu Nyimas Ratu Patuakan yang merupakan generai ke-6 dari Sunan Tuakan-Sunan Guling-Sunan Pagulingan-Prabu Gajah Agung yang tak lain anak dari Prabu Tadjimalela.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network