Paslon Kepala Daerah di Cimahi dan Bandung Barat Sepakat Jaga Pilkada Damai

Adi Haryanto
Pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Cimahi dan Bupati-Wakil Bupati Bandung Barat menggelar Deklarasi Damai dan Doa Bersama Lintas Agama di Mapolres Cimahi, dalam rangka menyambut Pilkada Serentak 2024, Kamis (26/9/2024). Foto/Inews Bandung Raya

CIMAHI,iNews BandungRaya.id - Polres Cimahi menggelar Deklarasi Damai dan Doa Bersama Lintas Agama dalam rangka menyambut Pilkada Serentak 2024, Kamis (26/9/2024).

Kegiatan yang digelar di Mapolres Cimahi ini dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) KBB dan Kota Cimahi, Pj Wali Kota Cimahi, Pj Bupati Bandung Barat, serta Dandim 0609 Cimahi.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Cimahi dan Bupati-Wakil Bupati Bandung Barat.

Hanya calon Bupati Bandung Barat nomor urut dua yakni Jeje Ritchie Ismail yang tidak terlihat hadir. Sementara pasangan calon lainnya semua hadir.

Seperti calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi nomor urut 1 Dikdik Suratno Nugrahawan-Bagja Setiawan, nomor urut 2 Ngatiyana-Adhitia Yudisthira dan nomor urut 3 Bilal Insan Priatna-A Mulyana.

Kemudian pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat nomor urut 1 Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga, Wakil Bupati nomor urut 2 Asep Ismail, Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat nomor urut 3 Hengki Kurniawan-Ade Sudrajat Usman.

Lalu Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat nomor urut 4 Edi Rusyandi-Unjang Asari, dan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat nomor urut 5 Sundaya-Asep Ilyas.

Semua paslon yang hadir kemudian membacakan deklarasi damai Pilkada 2024 dan dilanjutkan penandatanganan deklarasi damai 2024. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa lintas agama dan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian.

Kapolres Cimahi, AKBP Tri Suhartanto mengatakan kegiatan ini sebagai upaya dalam menciptakan Pilkada Serentak 2024 yang aman, damai dan tertib. Mengingat saat ini sudah memasuki tahapan kampanye dari masing-masing calon.

"Kami bersama Forkopimda Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat memprakarsai deklarasi damai untuk menyambut Pilkada Serentak 2024 yang sudah masuk tahapan kampanye," ucapnya kepada wartawan.

Menurutnya semua pihak telah memiliki komitmen bersama siap menjaga pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 dengan aman dan damai.

Di satu sisi TNI/Polri siap untuk melakukan pengamanan agar selama berlangsung Pilkada kondisi di masyarakat aman dan kondusif.

Lebih lanjut kapolres meminta peran aktif masyarakat dan juga para paslon yang ada di Kota Cimahi maupun yang ada di KBB untuk selalu menjaga pelaksanaan Pilkada.

Termasuk kami juga meminta semua tokoh agama dari lintas agama untuk mendoakan Pilkada bisa dilaksanakan dengan aman, nyaman, tertib dan sejuk.

"TNI/Polri maupun pemerintah siap mengawal penyelenggaraan pilkada dan agar tidak ada kampanye hitam atau hoax. Kita memberikan pelayanan kepada masyarakat dan di wilayah akan dibantu dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta Linmas untuk membantu mewujudkan situasi aman dan nyaman," pungkasnya.

Wakil Bupati Bandung Barat nomor urut 2 Asep Ismail mengatakan siap menjalankan kampanye damai dan menjaga kondusivitas selama berlangsungnya Pilkada di KBB.

Disinggung soal ketidakhadiran calon Bupati Jeje Ritchie Ismail, dirinya mengatakan pasangannya itu sedang sakit dan berada di Jakarta.

"Jeje sedang sakit, sudah dua hari dan sekarang di Jakarta, saya mewakili datang ke sini dan berkomitmen menjalankan kampanye damai," ucapnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network