Apresiasi Penanaman Pohon Mangrove di Pangandaran, Tapi Kemana Kelompok Peduli Sempadan Pantai?

Dude Darmaji
Salah satu anggota ormas GMBI ikut serta menanam pohon Mangrove bersama TNI di Pantai Karang Tirta Kabupaten Pangandaran, Jumat (27/9/2024)

PANGANDARAN, INEWSBANDUNGRAYA.ID -- Kegiatan Pembersihan Pantai dan Penanaman 1.000 Mangrove mendapat apresiasi dan sambutan yang baik dari masyarakat. Kelompok Pecinta Pohon Pangandaran Dadi Wiranata  menyambut positif kegiatan yang digagas Kodim 0625 Pangandaran itu.

Ia menilai kegiatan ini sangat positif bagi pengembangan pariwisata dan kelestarian laut di kabupater termuda di Jawa Barat itu. "Kegiatan itu sangat bagus untuk mengembangkan pariwisata di Pangandaran. Sebagai daerah wisata sudah semestinya masyarakat dan TNI menjaga kelestarian pantai, laut, dan alam sebagai satu kesatuan yang utuh," katanya.

Sebagaimana diketahui, Jumat (27/9/2024) pagi, 700 masyarakat dan TNI ramai-ramai membersihkan pantai dan menanam 1.000 Mangrove di pantai Karang Tirta, Pangandaran. Masyarakat terdiri dari unsur ormas, PNS, dan kelompok komunitas peduli pantai dan laut. Ormas terdiri dari unsur GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia), FKPPI, Pemuda Pancasila (PP), dan kelompok komunitas lainnya.

Namun Ia merasa heran karena tak melihat kelompok yang mengaku forum dan peduli dengan sempadan pantai. "Tapi pada pelaksanaan kegiatan yang mulia seperti ini kenapa mereka tidak tampak," tanya Dadi.

Ia menilai masyarakat harus bersatu padu membangun pariwisata Pangandaran sehingga daerah ini sebagai destinasi wisata yang bisa maju seperti Bali. Apalagi Pangandaran telah menjadi daerah otonom tersendiri dan akan dikembangkan sebagai daerah wisata terbesar di Jawa Barat.

"Masyarakat Pangandaran bersama pemerintah dan investor bersama-sama membangun pariwisata di daerah itu dengan ketenangan dan kenyamanan," katanya.

Di sisi lain, daerah wisata seperti Pangandaran merupakan wilayah strategis yang harus dijaga keutuhannya oleh TNI.

Oleh karena itu, katanya, keterlibatan TNI dalam menjaga wilayah pantai harus didukung karena untuk menjaga dan melindungi wilayah kedaulatan Indonesia. Karena itu, katanya, keterlibatan TNI dalam membersihkan pantai harus didukung dan diapresiasi oleh masyarakat.

"Sebagai bagian masyarakat pariwisata saya mengapresiasi kegiatan pembersihan pantai dan penanaman 1.000 pohon Mangrove," pungkasnya***

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network