AMSI Jabar Galakkan Partisipasi Pemilih di Pilkada Serentak 2024

Rina Rahadian
Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat menggelar acara sosialisasi Pilkada 2024 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Bariyah, Garut, Minggu (6/10/2024). Foto: Ist.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat menggelar acara sosialisasi Pilkada 2024 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Bariyah, Garut, Minggu (6/10/2024).

Acara yang dihadiri oleh 50 anggota AMSI Jabar ini bertujuan meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya Pilkada sebagai bagian dari proses demokrasi. 

Ketua DPD AMSI Jabar, Teguh Mulyadi, menekankan pentingnya memilih pemimpin yang cerdas dan berintegritas, terutama untuk memajukan Provinsi Jabar.

“Kegiatan ini bagian dari upaya membangun bangsa lebih baik. AMSI merasa terpanggil untuk terlibat aktif karena Pilkada berdampak pada kemajuan bersama, khususnya masyarakat Jawa Barat,” kata Teguh dalam sambutannya.

“Kami berkomitmen untuk berperan aktif meningkatkan partisipasi masyarakat, serta menekankan pentingnya memilih dengan cerdas dan berlandaskan nilai-nilai Islam,” lanjutnya.

Melalui kegiatan ini, DPD AMSI Jabar berharap masyarakat, terutama kaum muda, dapat lebih memahami pentingnya peran mereka dalam menentukan masa depan daerah, serta menjadikan Pilkada sebagai momentum untuk melahirkan pemimpin yang adil dan berkualitas.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi sarana edukasi yang efektif bagi masyarakat untuk menggunakan hak politiknya secara bijak, demi memakmurkan Jawa Barat,” tutup Teguh.

Sementara itu, Pegiat Pemilu, Iim Imron menekankan bahwa Pilkada serentak merupakan bagian dari reformasi pemilu di Indonesia. 

“Sebelum tahun 2024, pemilihan kepala daerah tidak dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Namun, sekarang Pilkada dilaksanakan serentak seperti pemilu nasional, dan ini melibatkan persiapan yang panjang, hingga dua tahun sebelum hari pelaksanaan,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Provinsi Jabar dengan jumlah pemilih terbesar di Indonesia, memerlukan persiapan ekstra. 

“Partisipasi masyarakat, terutama anak muda, sangat penting dalam memastikan suksesnya pelaksanaan Pilkada,” ujarnya.

Sedangkan, Pegiat Pemilu lainnya, Reza Alwan Sivnidar, menyoroti pentingnya keterlibatan anak muda sebagai penyelenggara Pilkada, terutama dalam membantu penggunaan teknologi modern yang telah diterapkan dalam proses pemungutan suara. 

“Dengan sekitar 35 juta pemilih yang tersebar di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat, peran anak muda sangat diperlukan, terutama sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang kini harus mampu menggunakan aplikasi dan gadget,” kata Reza.

Reza juga mengimbau agar anak muda turut serta dalam Pilkada sebagai bentuk kontribusi kepada negara. Selain itu, Reza menekankan pentingnya kesadaran individu untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) demi suksesnya pesta demokrasi ini.

Acara sosialisasi diakhiri dengan sesi tanya jawab dan doa bersama, menandakan harapan bersama agar Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar, adil, dan damai. 

Acara yang berlangsung selama dua jam ini mendapat sambutan hangat dari peserta dan diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2024 mendatang.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network