Cagub Jabar Ilham Habibie Usulkan Ini agar BIJB Kertajati Ramai oleh Maskapai Penerbangan

Adi Haryanto
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie berfoto dengan massa pendukungnya saat melakukan kampanye di Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (11/10/2024). Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,iNews BandungRaya.id - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie melakukan kampanye di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (11/10/2024).

Kegiatan diawali dengan dialog interaktif dengan perwakilan masyarakat di Kecamatan Cihampelas, KBB. Lalu dilanjutkan dengan mengunjungi pelaku UMKM di Kampung Pamucatan, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, dan beberapa lokasi lainnya di Padalarang.

Pada kesempatan tersebut, Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3 itu menyoroti masih sepinya penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

Dia menilai, salah satu penyebabnya adalah karena aksesibilitas yang cukup jauh. Alhasil warga khususnya di Bandung Raya cenderung memilih penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta ataupun Halim Perdanakusumah.

"Sejak ada Kereta Cepat Whoosh, banyak penumpang pesawat ke Halim atau Soekarno Hatta, karena aksesnya langsung ke sana, dan cepat," ucapnya kepada wartawan saat ditemui di Cihampelas, KBB.

Pria yang lama bergelut di dunia penerbangan ini mengatakan, dibutuhkan regulasi baru untuk menghidupkan penerbangan di BIJB Kertajati.

Misalnya adanya keseimbangan antara penerbangan dari Bandara BIJB Kertajati dengan Halim Perdanakusumah.

Sehingga penerbangan domestik nantinya difokuskan dari Bandara BIJB Kertajati, sedangkan penerbangan internasional bisa tetap diakses dari Bandara Soekarno Hatta. Hal itu perlu ada kebijakan dari Angkasa Pura.

"Saya kira perlu regulasi untuk dilihat bagaimana kita mencari keseimbangan antara Kertajati, Halim, dan Soekarno Hatta," terang Cawagub dari pasangan ASIH ini.

Kemudian yang perlu dikembangkan lagi adalah pesawat kargo. Sebab menurutnya, potensi penerbangan untuk pesawat kargo dari BIJB Kertajati cukup besar karena keberadaan industri di wilayah utara Jawa Barat.

Sementara saat ini kargonya masih sedikit sekali padahal berada dalam lumbung industri Jawa Barat. Ada kawasan Pantura dan Rebana juga banyak sekali produk-produk yang ebagian untuk diekspor dan itu memerlukan bandara udara.

"Jadi ada konektivitas dari bandara udara BIJB dengan industri dalam menunjang perkembangan sektor perindustrian dan perekonomian di wilayah timur Jawa Barat," pungkasnya.

Ilham Habibie memutuskan maju di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2024. Dia mendampingi Ahmad Syaikhu sebagai calon Gubernur Jawa Barat dan diusung Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, dan Partai Persatuan Pembangunan. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network