Tahan Imbang Australia, Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U17

Rina Rahadian
Timnas Indonesia U17. Foto: Dok. PSSI

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Timnas Indonesia U17 bermain imbang 0-0 melawan Australia dalam laga matchday ketiga kualifikasi Piala Asia U17 2025 yang berlangsung di Stadion Abdullah Alkhalifa Alsabah, Kuwait, pada Minggu (27/10/2024).

Hasil ini membuat Indonesia bertengger sebagai runner-up Grup G dengan 7 poin, memastikan lolos ke putaran final melalui jalur peringkat kedua terbaik.

Sementara itu, Australia berhasil lolos ke putaran final sebagai juara grup dengan nilai poin yang sama dengan Indonesia.

Pada awal pertandingan, Australia tampil agresif dan langsung mengambil inisiatif serangan, sedangkan Timnas Indonesia U17 memilih bermain lebih bertahan dan berhati-hati.

Serangan bertubi-tubi Australia di awal babak pertama berhasil diantisipasi oleh lini pertahanan Indonesia.

Peluang emas pertama untuk Garuda Muda hadir di menit ke-12 ketika Zahaby Gholy melepaskan tendangan keras, namun tembakannya dapat ditepis oleh penjaga gawang Australia. Dua menit kemudian, kesempatan lain muncul.

Umpan dari Mierza Firjatullah berhasil disambut Gholy dengan tendangan pertama, tetapi bola yang disambar Evandra Florasta melambung tipis di atas mistar.

Australia terus mencoba menekan pertahanan Indonesia dengan lebih dari lima tembakan yang diarahkan ke gawang Dafa Al Gasemi. Namun, pertahanan yang kokoh di bawah asuhan Nova Arianto mampu menghalau semua serangan tersebut.

Di menit ke-31, Australia hampir mencetak gol ketika Anthony Didulica lepas dari pengawalan di dalam kotak penalti Indonesia, tetapi tendangan mendatarnya berhasil dihalau dengan sigap oleh Dafa. Hingga akhir babak pertama, skor tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, kedua tim bermain dengan tempo sedang. Tim Garuda Muda mendapatkan peluang di menit ke-61 melalui skema serangan balik, namun umpan crossing dari Mierza gagal dituntaskan dengan sempurna oleh Daniel Alfredo, sehingga bola hanya melambung di atas mistar.

Menjelang menit ke-70, permainan semakin lambat karena kedua tim lebih berhati-hati dan minim kontak fisik.

Australia banyak menguasai bola di area pertahanan sendiri, sementara Timnas U17 menunggu dengan sabar di lini pertahanan.

Hingga peluit panjang berbunyi, kedudukan imbang 0-0 tetap bertahan, mengantarkan Garuda Muda ke putaran final Piala Asia U17 2025 yang akan digelar di Arab Saudi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network