Logo Network
Network

Selain Raheem Sterling, Inilah 7 Pemain Inggris Termahal Sepanjang Sejarah

Rizal Fadillah
.
Rabu, 13 Juli 2022 | 14:10 WIB
Selain Raheem Sterling, Inilah 7 Pemain Inggris Termahal Sepanjang Sejarah
7 pemain Inggris termahal sepanjang sejarah selain Raheem Sterling. (Foto: Instagram/sterling7)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Rencana kepindahan Raheem Sterling dari Manchester City ke Chelsea akan menjadikannya sebagai salah satu pemain Inggirs termahal sepanjang sejarah.

Seperti diketahui, belakangan ini kabar mengenai kepindahan Raheem Sterling ke Chelsea hampir menjadi kenyataan.

Dikabarkan, Chelsea akan menebus Raheem Sterling dari Manchester City dengan harga sangat fantastis yakni 45 juta pounds atau sekitar Rp810 miliar.

Selain Raheem Sterling, ada juga beberapa pemain Inggris yang memiliki nilai transfer cukup mahal. Siapakah mereka?

Berikut ini 7 pemain Inggris termahal sepanjang sejarah:

1. Ben Chilwell

Ben Chilwell menjadi salah satu pemain Inggris termahal saat bergabung ke Chelsea dari Leicester City pada tahun 2020 lalu. Ia diboyong dengan harga 45 juta poundsterling atau R798,6 miliar.

Sayangnya, cedera benar-benar menghambat performanya di London barat hingga saat ini. Bersama The Blues, Chilwell telah membuat 42 penampilan di semua kompetisi dan ikut membawa Chelsea menjuarai Liga Champions pada 2021.

2. John Stones

Penggemar Everton dulu meyakini bahwa "Uang tidak bisa membeli John Stones". Namun, hal itu hanyalah retorika belaka sebelum City benar-benar berhasil mengontrak John Stones dari The Toffees dengan harga 47,5 juta poundsterling atau setara Rp843,6 miliar.

Harga tersebut adalah salah satu transfer termahal yang pernah dibayarkan untuk pemain Inggris. Stones telah bermain 195 kali di semua kompetisi dalam enam tahun terakhir, tetapi tidak pernah memainkan 30 pertandingan liga atau lebih dalam satu musim. Namun dia telah ikut memenangkan beberapa gelar yakni Liga Premier, Piala FA dan dua Piala Carabao.

3. Aaron Wan-Bissaka

Pada tahun 2019, Manchester United berhasil memboyong Aaron Wan-Bissaka dari Crystal Palace dengan harga yang sangat mahal. MU berani merogoh kocek hingga 49 juta poundsterling atau sekitar Rp882 miliar.

Wan-Bissaka digadang-gadang menjadi pemain kunci di MU di sektor bek kanan. Namun, hal itu ternyata bukan perkara mudah. Wan-Bissaka dimainkan sebanyak 69 kali pada musim pertamanya di MU, 76 kali di musim berikutnya, dan musim lalu hanya tampil sebanyak 20 kali.

4. Ben White

Arsenal dengan sangat berani mengucurkan uang 50 juta pounds atau setara Rp900 miliar untuk memboyong Ben White dari Brighton pada musim 2021.

Ben White sebelumnya telah menghabiskan tujuh tahun di Brighton. Namun, ia hanya bermain satu musim penuh untuk The Seagulls setelah dipinjamkan ke Newport County, Peterborough United dan Leeds United.

The Gunners, Ben White bermain cukup impresif di musim pertama. Ia menjadi bek tengah andalan Mikel Arteta dan telah membukukan 37 penampilan di semua kompetisi hingga membawa Arsenal finish di urutan lima musim lalu.

5. Jadon Sancho

Pemain Inggris termahal selain Raheem Sterling berikutnya adalah Jadon Sancho. Manchester United memboyong Jadon Sancho musim panas 2021 dari Borussia Dortmund dengan harga  75 juta pound atau setara Rp1,35 triliun.

Namun, Sancho tampaknya gagal memenuhi ekspektasi MU untuk menjadi andalan di sektor sayap. Ia bermain sebanyak 38 kali dan hanya mencetak 5 gol dan 20 kali menjadi starter.

6. Harry Maguire

Harus diakui, MU menjadi klub yang cukup boros dalam membelanjakan uang demi merekrut pemain baru. Ia sempat nekat membeli Harry Maguire dari Leicester City dengan harga 80 juta pounds atau Rp1,44 triliun pada 2019 silam.

Kepindahan Maguire saat itu sempat memecahkan rekor transfer di Liga Inggris. Sayangnya, selama 3 musim di Old Trafford, performa Maguire tak konsisten dan justru sering mendapat cibiran. Kendati demikian, ia tetap mendapat kepercayaan dari pelatih baru MU, Erik ten Hag.

7. Jack Grealish

Nama terakhir adalah Jack Grealish yang menjadi pemain Inggris termahal dalam sejarah. Jack Grealish digaet Manchester City dari Aston Villa pada musim panas 2021 lalu dengan harga sangat fantastis. Transfernya saat itu mencapai 100 juta poundsterling atau setara Rp1,8 triliun.

Pada musim perdananya, Jack Grealish turut membantu City memenangkan liga serta finish di semifinal Piala FA dan Liga Champions. Namun secara umum, performa Jack Grealish bisa dibilang jauh dari ekspektasi karena ia hanya mampu mencetak tiga gol dan tiga assist.***

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini