get app
inews
Aa Read Next : Selain Elon Musk, Ini Sosok Idola Nono yang Buat Nadiem Makarim Terkejut

Elon Musk Lewat, Ini Dia 3 Raja Islam Paling Kaya Sepanjang Sejarah

Selasa, 19 Juli 2022 | 16:27 WIB
header img
Osman Ali Khan. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Elon Musk adalah seorang pengusaha sekaligus merupakan orang paling kaya nomor 1 di dunia saat ini.

Dilansir dari Forbes Real Time Billionaires, pendiri perusahaan otomotif Tesla ini memiliki nilai kekayaan mencapai 216,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 3.172 triliun.

Namu, tahukah kamu? Kekayaan Elon Musk tersebut tidak ada apa-apanya dengan tiga Raja Islam paling kaya sepanjang sejarah berikut ini.

Bahkan, kekayaan dari tiga Raja Islam ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan kekayaan Elon Musk saat ini.

Berikut ini tiga Raja Islam paling kaya sepanjang sejarah:

1. Osman Ali Khan

Osman Ali Khan merupakan pemegang gelar Asaf Jah yang ketujuh dan penguasa terakhir Hyderabad, India. Ia memimpin mulai 1911 hingga 1948.

Pada awal abad ke-20, Osman Ali Khan merupakan pria terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih mencapai USD236 miliar. Jika dihitung dengan tingkat inflasi saat ini, kekayaan tersebut senilai dengan 2 persen pendapatan nasional Amerika Serikat.

Maka tak heran jika Osman Ali Khan masuk dalam daftar 20 orang terkaya sepanjang sejarah menurut BBC. Selama masa kepemimpinannya, Osman Ali Khan telah berhasil memperkenalkan listrik, kereta api, jalan, hingga maskapai penerbangan.

Tak hanya itu, ia juga berhasil mendirikan Bank Negara Hyderabad dan melancarkan berbagai proyek.

2. Mansa Musa

Raja Islam terkaya sepanjang sejarah selanjutnya adalah Mansa Musa atau Musa I. Ia merupakan raja ke-10 Kerajaan Mali yang yang wilayahnya mencakup Mali dan Ghana di Afrika Barat.

Kekayaan Mansa Musa ini ditaksir mencapai USD400 miliar. Bahkan, banyak ahli sejarah yang menyebut kekayaan Mansa Musa tersebut mustahil disebutkan dalam angka karena sangat tak terhingga.

Mansa Musa berkuasa pada 1312 M setelah raja sebelumnya, ABu Bakar II pergi menjelajahi Samudra Atlantik dan tidak pernah kembali lagi. Di bawah kepemimpinan Mansa Musa, Kerajaan Mali berkembang menjadi kerajaan terkaya di Afrika.

Dikutip dari National Geographic, kekayaan kerajaan ini berasal dari penambangan garam dan emas yang sangat melimpah. 

Berdasarkan keterangan ahli sejarah dari Ferrum College, Richard Smith, Kerajaan Mali merupakan produsen emas terbesar di dunia pada masanya. Mali mampu menghasilkan satu ton emas setiap tahun. Emas tersebut lalu dijual di Venesia, Genoa, dan Mesir.

Kerajaan ini pada awalnya tidak terlalu dikenal di luar wilayah Afrika Barat. Hingga suatu ketika Mansa Musa pergi haji ke Mekah pada 1324 M melalui Mesir dan menimbulkan kehebohan.

Saat itu, ia pergi dengan rombongan puluhan ribu orang dan lusinan unta, dimana masing-masing membawa 136 kilogram (300 pon) emas. Sontak saja hal ini menimbulkan kehebohan. 

3. Nabi Sulaiman AS

Nabi Sulaiman AS merupakan raja Islam terkaya sepanjang sejarah. Bahkan dalam Al-Quran, Alkitab, dan Injil, Nabi Sulaiman dianggap sebagai manusia terkaya yang pernah ada di bumi.

Kekayaan Nabi Sulaiman diperkirakan mencapai USD2,2 triliun jika dikonversikan dengan uang saat ini.  Nabi Sulaiman diperkirakan berkuasa selama 39 tahun. Dalam suatu cerita bahkan disebutkan Nabi Sulaiman pernah menerima upeti berupa 25 ton emas setiap tahun.

Itulah daftar raja Islam terkaya sepanjang sejarah yang berhasil dirangkum iNews.id dari berbagai sumber. Dengan melimpahnya harta yang dimiliki, maka tak heran jika tiga raja tersebut masuk dalam daftar orang terkaya sepanjang sejarah.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut