get app
inews
Aa Read Next : UIN Bandung Kukuhkan 20 Guru Besar, Raih Rekor MURI

Inspiratif, Pasangan Suami Istri Ini Jadi Lulusan Doktor Termuda di UIN Bandung

Senin, 25 Juli 2022 | 09:04 WIB
header img
Asep Abdul Aziz saat ujian promosi doktor di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah melahirkan pasangan doktor muda di bidang Pendidikan Islam.

Pasalnya, Asep Abdul Aziz yang merupakan mahasiswa Ilmu Pendidikan Islam angkatan 2019 menempuh pendidikan Stata-3 dengan istrinya yang bernama Nurti Budiyanti yang usianya genap 28 tahun dan suaminya genap 29 tahun.

Pasangan muda ini telah bekerja keras untuk meraih cita-citanya dalam menyelesaikan studinya. Tahap demi tahap telah mereka lewati, mulai dari perkuliahaan, pengajuan judul, ujian proposal, ujian Toefl dan Toafl, ujian komprehensif, ujian progress dan ujian tertutup telah dilalui dan dilaksanakan dengan penuh kesabaran dan tanggung jawab oleh kedua pasangan doktor muda ini.

Selama proses bimbingan, mereka senantiasa melakukan konsultasi secara intensif kepada promotor, mulai dari ketua promotor dan kedua anggot apromotor, bahkan sampai akhir perbaikan pasca ujian tertutup masih dilakukan diskusi-diskusi penyempurnaan naskah disertasi.

Mereka senantiasa mendengarkan dan menerima berbagai kritikan dan saran dari ketua maupun anggota promoter secara argumentatif, sehingga pada akhirnya disertasi dapat diselesaikan dengan baik.

Berdasarkan hasil uji Promovendus pada hari Kamis (21/7/2022), Asep Abdul Aziz meraih hasil nilai komulatif 3,87 dengan pridikat Coumlaude. Begitu pun dengan sang istri, yang memperoleh hasil yang sama yakni nilai komulatif 3,87 dengan pridikat Coumlaude.

Pasangan suami istri ini telah melewati ujian promosi doktor di hari yang sama, dengan mendapat nilai yang sama.

"Tak pernah terbayangkan dalam pikiran kami jika memiliki nilai yang sama di hari yang sama dengan penguji dan promoter yang berbeda, namun inilah ketetapan Allah yang Maha Rahman dan Rahim," ucap Asep dalam keterangannya, Senin (25/7/2022).

Asep pun berharap, kisah atau perjuangannya ini bisa menjadi inspirasi bagi setiap mahasiswa atauppun para calon mahasiswa diluar sana.

"Bahwa tidak ada yang tidak mungkin, jika Allah sudah menghendakinya, kunci kesuksesan lahir dari tekad yang kuat yang diiringi dengan ikhtiar yang maksimal," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut