get app
inews
Aa Read Next : Waduh! 7 Kampus di Jabar dan Banten Terancam Ditutup Gegara Ini

ITENAS Bandung Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Kamis, 04 Agustus 2022 | 17:00 WIB
header img
Institut Teknologi Nasional Bandung (ITENAS) Bandung. (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Institut Teknologi Nasional Bandung (ITENAS) Bandung meraih akreditasi perguruan tinggi dengan predikat unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada hari Selasa (2/8/2022). Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 407/SK/BAN-PT/Ak/PT/VIII/2022.

Sebelumnya, asesmen lapangan telah dilakukan secara luring pada tanggal 28-30 Juli 2022 oleh tim Asesor yang ditugaskan oleh BAN-PT di Kampus ITENAS Bandung untuk melakukan klarifikasi dan diskusi atas ajuan permohonan akreditasi perguruan tinggi ITENAS.

Rektor ITENAS, Prof. Meilinda Nurbanasari menyampaikan strategi peningkatan mutu akademik yang ditempuh oleh ITENAS.

Menurutnya, ITENAS telah mempunyai organ yang berfungsi sebagai penjaminan mutu seluruh proses di ITENAS yaitu Satuan Penjaminan Mutu (SPM) dan Satuan Pengawas Internal (SPI).

Di tingkat fakultas sudah dibentuk Satuan Penjaminan Mutu Fakultas (SPMF) yang berfungsi melaksanakan penjaminan mutu di unit-unit fakultas. Organ penjaminan mutu ini diterapkan oleh ITENAS dalam mengawal akreditasi kampus.

"Mulai dari penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar internal yang melampaui standar nasional pendidikan tinggi serta segala kegiatan akademik dari semua program studi dimonitor dan dievaluasi bersama setiap tahun," jelas Meilinda.

"Mekanisme ini diperlukan dalam menjamin kelayakan pencapaian tingkat akreditasi yang diharapkan," tambahnya.

Tak hanya itu, ITENAS juga tercatat memiliki segudang prestasi Internasional maupun prestasi nasional. Berbagai pemeringkatan internasional telah dicapai oleh ITENAS, seperti pemeringkatan QS Stars, THE Impact Rangking, dan UI Green Metric.

Kemudian, ITENAS akan terus berupaya mempertahankan prestasi ini, dan senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan yang baik, melahirkan lulusan yang unggul dan terus berkontribusi bagi nusa dan bangsa.

"ITENAS tidak akan berpuas diri dengan prestasi yang sudah diraih ini, tantangan kedepan untuk ITENAS selanjutnya yaitu terkait program Internasionalisasi," katanya.

Dikatakan Meilinda, predikat akreditasi unggul ITENAS menunjukkan keberhasilan menjadi perguruan tinggi yang melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN- Dikti) baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam Tridarma Perguruan Tinggi.

Untuk diketahui, saat ini baru ada 5 Perguruan Tinggi Swasta di Bandung dengan predikat Unggul, yaitu Universitas Widyatama, Telkom University, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Islam Bandung, dan ITENAS.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut