get app
inews
Aa Read Next : Kenalkan Pengelolaan Sumber Daya Air di Indonesia, Jasa Tirta II Dukung World Water Forum ke-10

5 Negara Asia yang Sempat Berpotensi Ikut Mendukung Indonesia Keluar dari AFF

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:00 WIB
header img
Timnas Indonesia. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Berikut adalah lima negara Asia yang sempat berpotensi ikut mendukung langkah Timnas Indonesia untuk keluar dari AFF.

Wacana Timnas Indonesia keluar dari AFF sempat memanas beberapa waktu lalu. Hal itu karena adanya dugaan sepak bola gajah yang diperagakan Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022 hingga membuat Indonesia tidak lolos fase grup.

Setelah berbalas surat protes ke AFF, Iwan Bule telah menerima keputusan dari AFF. Komisi Disiplin (Komdis) AFF dan perwakilan AFC telah memutuskan bahwa pertandingan antara Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 dinyatakan fair play.

Dengan demikian, isu panas yang sempat menyebut Timnas punya rencana gabung Konfederasi Sepakbola Asia Timur atau EAFF, akhirnya juga gugur. Ini juga menandai berakhirnya polemik dugaan sepak bola gajah yang terjadi di Piala AFF U-19 2022. 

Oleh sebab itu, Ketua Umum Federasi Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan atau Iwan Bule memastikan PSSI atau Timnas Indonesia tetap akan menjadi anggota AFF.

Lantas, negara mana saja dikabarkan sempat berpeluang mendukung keluarnya Indonesia dari AFF? Berikut ini ulasannya.

1. Vietnam

Vietnam adalah negara yang punya andil besar perihal santernya wacana Timnas Indonesia meninggalkan AFF. Hal itu bermula dari dugaan adanya sepak bola gajah di laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Masyarakat Vietnam disebut sangat setuju jika Timnas Indonesia meninggalkan AFF dan hijrah ke Konfederasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF). Bahkan mereka menyarankan AFF mengundang Australia untuk pentas Piala AFF senior untuk menggantikan Timnas Indonesia. Hal itu sebagaimana dimuat oleh salah satu media Vietnam, Dantri.

“Saya berharap Indonesia pergi dari AFF dan posisinya digantikan Australia,” kata salah seorang pencinta sepakbola Vietnam bernama Le Xuan Lan, mengomentari pemberitahuan dari salah satu media Vietnam, Dantri.

2. Singapura

Singapura sebelumnya juga sempat berpotensi mendukung keputusan Timnas Indonesia angkat kaki dari AFF. Pasalnya, langkah Singapura sering dihentikan Timnas Indonesia di ajang bergengsi ASEAN tersebut.

Pada Piala AFF 2016 dan 2020 silam, kiprah Singapura terhenti setelah dikalahkan Timnas Indonesia. Saat itu, Singapura digulung Timnas Indonesia di babak semifinal yang digelar di kandang mereka sendiri. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak media menyebut bahwa Singapura berpotensi mendukung keluarnya Indonesia.

3. Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara asal pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kehadiran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia disebut-sebut membuat Korsel memiliki kedekatan dengan Indonesia.

Terlebih, kiprah Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia sering mendapat sorotan dari media-media Korea Selatan. Maka dari itu, jangan heran jika Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) berpeluang mendukung kepindahan PSSI ke EAFF.

4. Jepang

Jepang merupakan salah satu tim terkuat di Asia Timur saat ini. Jepang menduduki peringkat 24 dunia dan tim dengan posisi tertinggi di Asia Timur. Hubungan bilateral sepak bola Indonesia-Jepang dikatakan perlahan mulai terbangun.

Salah satunya adalah diperhitungkannya kiprah pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan, bersama klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy. Karenanya, nama Jepang juga sempat terseret diisukan bakal dukung Indonesia keluar AFF.

5. Cina

Jika seandainya Timnas Indonesia pindah ke EAFF, gengsi Federasi Sepak Bola Asia Timur tersebut dipercaya bakal meningkat. Cina sempat ikut-ikutan dirumorkan mendukung Timnas Indonesia jika keluar AFF.Terlebih, presiden EAFF saat ini berasal dari China, yakni Du Zhaocai.

Itulah 5 negara Asia yang disebut sempat berpotensi mendukung Timnas Indonesia keluar dari AFF. Namun, semuanya terbantahkan dan PSSI kini telah memantapkan diri untuk tetap bergulat di AFF.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut