get app
inews
Aa Read Next : 1.432 Mahasiswa Baru Itenas Resmi Dikukuhkan, Rektor Tekankan Pentingnya Pendidikan

Dies Natalis ke-50, Itenas Bandung Siap Wujudkan Visi di Kancah Nasional dan Global

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:00 WIB
header img
Rektor Itenas Bandung, Prof Meilinda Nurbanasari di sela-sela kegiatan menyambut Dies Natalis ke-50 Itenas Bandung, Sabtu (13/8/2022).

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA – Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung siap mewujudkan visi besarnya di usianya yang bakal menginjak 50 tahun. 

Hal itu pula lah yang menjadi tema besar Dies Natalis ke-50 Itenas. Adapun visi Itenas sendiri adalah mewujudkan Itenas sebagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan berperan aktif baik di tataran nasional maupun global.

"(Di tataran nasional) Itenas harus mampu karya-karya inovasi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Rektor Itenas, Prof Meilinda Nurbanasari di sela-sela rangkaian kegiatan menyambut Dies Natalis ke-50 Itenas di Kampus Itenas, Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Sabtu (13/8/2022). 

Itenas juga tengah melakukan evaluasi kurikulum dan akan mengimplementasikan kurikulum baru di tahun ajaran 2022/2023, termasuk mendorong kegiatan magang industri hingga program praktisi masuk kampus. 

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan agar tidak ada lagi batasan antara kampus dengan dunia industri, sehingga pasar atau pengguna lulusan Itenas sudah dengan kurikulum yang diterapkan di Itenas. 

"Jadi semuanya dari segi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat itu juga kami gerakan supaya target visi Itenas terwujud," jelasnya. 

Lebih lanjut, Meilinda mengatakan, Dies Natalis ke-50 Itenas sendiri akan jatuh pada 14 Desember 2022 mendatang. Namun, Itenas kini menggelar serangkaian kegiatan yang terbagi dalam dua agenda dimana agenda pertama digelar 12-13 Agustus 2022 dan agenda puncak yang akan digelar 14-15 Desember 2022 nanti. 

"Serangkaian kegiatan ini menyesuaikan dengan tema "For a Brighter Future". Kemudian Itenas sudah mendapatkan akreditas unggul. Kami juga melihat ke depan bahwa ternyata hasil-hasil mahasiswa memang sudah luar biasa walaupun dua tahun (berkuliah) online selama pandemi covid, tetapi tetap mereka bisa berkarya menghasilkan suatu inovasi yang benar benar bisa membanggakan," tuturnya. 

Adapun rangkaian kegiatan pada agenda pertama, di antaranya fun run, kabaret yang melibatkan pelajar SMA, festival band, peluncuran buku katalog komik, bazaar, hingga pameran dari ikatan mahasiswa atau himpunan mahasiswa Itenas. 

"Pada Desember (2022) nanti, secara seremoni, kami akan menggelar sidang senat. Lalu, kami juga akan menggelar lomba e-sport yang kini digandrungi anak-anak muda," kata Meilinda. 

Dalam kesempatan itu, Meilinda juga memastikan bahwa kampus yang dipimpinnya akan menggelar perkuliahan tatap muka 100 persen pada semester ganjil tahun 2022-2023.

"Mudah-mudahan kita tetap bisa melaksanakan secara luring, sudah jenuh juga online," ujarnya. 

Dia pun berharap, kondisi pandemi Covid-19 terus melandai mengingat tingginya antusiasme mahasiswa untuk berkuliah tatap muka. 

"Semoga kondisi terus membaik, meski pun tren agak naik tetapi Insya Allah dengan budaya prokes. Jadi antusiasnya cukup tinggi," tandas Meilinda.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut