get app
inews
Aa Read Next : Dijamin Memicu Adrenalin, Ini Tiga Tempat Rafting di Bandung

Deretan Tempat Wisata Bandung Barat Paling Populer, Nomor 6 Mirip Grand Canyon di Amerika Serikat

Senin, 22 Agustus 2022 | 18:30 WIB
header img
Sungai Cikahuripan dijuluki sebagai Grand Canyon Bandung Barat. (Foto: net)

BANDUNG BARAT, INEWSBANDUNGRAYA - Bandung Barat merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki banyak tempat wisata.

Maka tak heran jika setiap hari libur banyak tempat wisata di Bandung Barat kerap ramai dipadati pengunjung.

Jika Anda berencana berkunjung ke Bandung Barat, jangan lupa kunjungi sejumlah tempat wisata berikut ini yang tak kalah populer dengan wisata yang ada di Kota Bandung.

Berikut ini deretan tempat wisata yang ada di Bandung Barat paling populer, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Puncak Eurad

Puncak Eurad berada di area perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Subang. Lokasinya yang berada di puncak bukit, menawarkan udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang indah menjadi daya tarik tempat wisata ini.

Untuk sampai ke lokasi ini, kamu bakal melewati perkebunan teh dan hutan pinus. Semuanya indah dan fotogenik. Tempat ini sudah memiliki beberapa spot yang khusus dibuat untuk berfoto. Puncak Eurad juga sangat romantis untuk pasangan. Banyak spot yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat kenangan indah bersama.

2. Stone Garden

Di sini kamu akan menemukan batu-batu yang tercecer secara alami tetapi tetap terlihat artistik. Batu-batu itu tersusun secara acak dan bertebaran di tanah.

Yang membuat Stone Garden istimewa tentu saja adalah karena taman batu itu berada di puncak bukit. Jadi selain tamannya sendiri yang sudah indah, latar belakang pemandangannya juga memukau.

Jadi kalau datang ke sini, siapkan fisik yang prima sekaligus memori yang besar di kamera. Kamu bakal bisa berfoto dengan background pemandangan yang luar biasa, terutama pada waktu matahari terbit dan tenggelam.

3. Curug Ngebul

Air terjun yang ini berada di Bandung Barat, tepatnya di Kampung Cisitu. Lokasinya yang relatif terpencil juga membuat curug ini relatif susah diakses.

Di tempat ini, kamu bakal butuh usaha ekstra untuk bisa menikmati keindahan alami di Curug Ngebul ini. Curug Ngebul memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, dengan lebar lima meter.

Air terjunnya terdiri dari dua tingkat. Air terjun pertama adalah air terjun tunggal, yang alirannya kemudian membentuk air terjun rendah yang melebar.

Ini membuat pemandangan di Curug Ngebul menjadi istimewa, terlebih ketika difoto dari kejauhan.

4. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau kecil yang dikelilingi batu-batu raksasa dan menjadikannya terlihat sangat unik.

Secara geologis, Sanghyang Heuleut tercipta akibat letusan Gunung Purba Sunda. Sumber air yang mengalir ke danau ini pun berasal dari aliran Sungai Citarum Purba.

Yang pertama bisa kamu lakukan di sini adalah menikmati keindahan danau dengan air berwarna biru kehijauan itu. Puas memanjakan mata, ganti kamera kamu yang beraksi, menangkap sebanyak mungkin foto indah di sana.

5. Curug Malela

Air terjun terbesar yang bisa kamu temukan di Kabupaten Bandung Barat adalah Curug Malela. Air terjun ini bahkan mendapatkan julukan sebagai Niagara-nya Bandung Barat karena ukurannya yang luar biasa, meski tidak sebesar Niagara yang asli tentunya.

Air terjun ini lebarnya 50 meter, dengan ketinggian 70 meter. Debit airnya juga relatif stabil dengan air yang bening di musim kemarau.

Untuk datang ke sini, dibutuhkan sedikit perjuangan dan usaha, mengingat jalan hanya bisa dilintasi sepeda motor dan dengan berjalan kaki

Namun, pemandangan indah sepanjang perjalanan bisa menjadi pengobat lelah kamu sebelum sampai dan mengagumi kemegahan Little Niagara ini.

6. Sungai Cikahuripan

Yang paling menarik di area sungai Cikahuripan adalah keberadaan tebing-tebing terjal yang berada di tepian sungai. Banyak yang menyamakan pemandangan di Cikahuripan ini dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Aliran sungai Cikahuripan terbentuk dari anak Sungai Citarum. Aliran airnya mengikis bebatuan hingga membentuk ngarai curam yang sangat instagenik.

Airnya berwarna hijau kebiruan, dengan aliran yang beragam. Sebagian ada yang tenang layaknya sebuah kolam, sebagian lagi ada yang mengalir deras di antara bebatuan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut