get app
inews
Aa Read Next : Catat! Ini Waktu Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra pada 25 Maret 2024

Jangan Sampai Terlewat, Berdoa di Penghujung Jumat Adalah Waktu Mustajab

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 10:00 WIB
header img
Ilustrasi berdoa. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA – Hari Jumat adalah hari istimewa bagi umat Islam. Sebab, Allah SWT mencurahkan banyak karunia dan keberkahan di hari tersebut.

Bahkan, di hari Jumat juga ada waktu mustajab yang bisa dimanfaatkan untuk berdoa karena Allah SWT akan mengabulkan semua doa.

Rasulullah SAW bahkan pernah bersabda bahwa hari Jumat merupakan hari yang agung. Dalam riwayat Ibnu Majjah, Ibnu Abi Syaibah dan Al-Baihaqi, dijelaskan bahwa kedudukan hari Jumat lebih agung daripada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. 

عن أبي لبابة بن عبد المنذر قال: قال رسول اللهصلى الله عليه وسلم: إن يوم الجمعة سيد الأيام وأعظمها عند الله من يوم الأضحى ويوم الفطر

Dari Abi Lubabah bin Abdul Mundzir, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya hari Jumat adalah tuannya segala hari, dan hari yang lebih agung menurut Allah Ta'ala dari pada hari raya Idul Adha dan Idul Fitri." (HR. Ibnu Majjah, Ibnu Abi Syaibah, dan Al-Baihaqi).

Mengingat agungnya hari ini, Rasulullah SAW memerintahkan umatnya agar menghidupkan amalan-amalan sunnah. Di antaranya, mandi (membersihkan badan), bersegera menunaikan shalat Jumat, memperbanyak doa, bersedekah, membaca Surah Al-Kahfi dan memperbanyak shalawat. Dan masih banyak lagi amalan sunnah lainnya.

Waktu Mustajab

Di hari Jumat terdapat satu waktu mustajab untuk berdoa memohon kepada Allah Ta'ala. Rasulullah SAW memberitahu waktunya dengan isyarat tangan beliau. 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ : « فِيهِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ » وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang hari Jumat: "Pada hari Jumat ada waktu yang mana seorang hamba muslim yang tepat beribadah dan berdoa pada waktu tersebut meminta sesuatu melainkan niscaya Allah akan mengabulkan permintaannya". Beliau mengisyaratkan dengan tangannya untuk menunjukkan bahwa waktu tersebut sangat sedikit. (HR Al-Bukhari dan Muslim)

ًًٌٌٍََََََََََََََََََََََََََََََََََََََََََََََََُُُُُُُُُُُُِِِِِِِِِِِِِِِِّّّّّّّّْْْْْْْْْْْْْْْْْ

"Hari Jumat adalah 12 jam. Di dalamnya terdapat satu waktu di mana tidaklah seorang muslim memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu, melainkan Allah akan mengabulkannya. Maka carilah ia pada saat-saat terakhir setelah shalat Ashar". (HR An-Nasa'i).

Rasulullah SAW mengabarkan bahwa doa yang baik akan dikabulkan selama tidak terburu-buru. Akan tetapi jangan pernah mengatakan, aku telah berdoa dan tidak diterima. Demikian pesan baginda Rasulullah. Muda-mudahan doa dan segala hajat kita dikabulkan Allah di hari yang agung ini. Allahumma Aamin.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut