get app
inews
Aa Read Next : Asyiknya Berpetualang Ala Planet Mars di Gurun Pasir Wadi Rum Yordania

5 Tempat Wisata Sumedang dan Sekitarnya, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Minggu, 28 Agustus 2022 | 10:30 WIB
header img
Kampung Karuhun, salah satu tempat wisata di Sumedang. (Foto: net)

SUMEDANG, INEWSBANDUNGRAYA - Sumedang yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan untuk tujuan liburan.

Wilayahnya yang didominasi oleh pegunungan dan dataran rendah, membuat banyak tempat wisata disini berhawa sejuk dan juga pemandangan yang indah.

Karena itu, Sumedang sangat cocok dijadikan tempat wisata untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan ini.

Lokasinya yang berada di sebelah barat Majalengka dan di sebelah timurnya Bandung ini, memiliki banyak objek wisata keren.

Mulai dari situs budaya, hutan hingga air terjun yang bakal menghipnotip setiap mata pengunjungnya.

Penasaran? Berikut ini 5 tempat wisata Sumedang yang cocok dijadikan destinasi liburan.

1. Taman Buru Kareumbi Masigit

Pada awalnya, tempat ini memang merupakan area berburu. Namun pada akhirnya di konversi menjadi area hutan konservasi. Selain itu, area masigit kareumbi juga dikembangkan sebagai kawasan wisata alam yang cukup unik. Anda bisa sekedar menginap, hiking, pelatihan dan outbond, dan lain-lain.

Fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap. Disini terdapat akomodasi yang bisa digunakan untuk menginap seperti rumah pohon kareumbi, rumah rusa, wisma dan aula, dan area camping ground.

2. Curug Cinulang

Tempat wisata air terjun ini ada di perbatasan Kabupaten Bandung dengan Sumedang. Meski di perbatasan, lokasinya ngga begitu jauh dari pusat kota. Tempat wisata ini dianggap sebagai salah satu ikon yang ada di sekitar wilayah timur dari Bandung.

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk sekedar berfoto atau menikmati keindahan alam yang berbeda dibandingkan tempat lain.

Daya tarik dari Curug Cinulang Cicalengka adalah pemandangan alam yang ada di sekitar dari air terjun Cinulang ini akan memberikan pengalaman yang sangat berbeda.

3. Batu Kuda

Kawasan Batu Kuda berupa perbukitan dengan hutan pinus yang indah. Berada di ketinggian antara 1150 sampai dengan 1300 mdpl, segarnya pegunungan Bandung bisa anda dapatkan disini. Batu Kuda berada di bawah pengawasan Perhutani langsung. Dulu tempat ini terkesan apa adanya. Tapi sekarang sudah jauh lebih tertata.

Biasanya, tempat ini jadi tujuan wisata keluarga warga sekitarnya saja. Tapi sekarang, sudah lebih dikenal dan lebih banyak dikunjungi wisatawan juga. Sekarang kawasan ini sudah jadi cagar budaya yang dilindungi, berdasarkan UU no 11 tahun 2010, tentang Cagar Budaya.

4. Kampung Nangorak

Wisata alam rumah pohon Kampung Nangorak merupakan sebuah tempat wisata yang berada di kawasan Gunung Rengganis, Kampung Nangorak. Tempat ini memberikan pengalaman berpetualang di alam terbuka yang berbeda bagi pengunjungnya.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini mengandalkan objek rumah pohon sebagai salah satu fasilitasnya. Rumah pohon yang berada di tempat wisata ini bisa dijadikan tempat berkumpul dan beristirahat wisatawan.

Bagi yang mau menginap, bisa juga menggunakan rumah pohon sebagai tempat penginapan. Di rumah pohon ini dilengkapi dengan berbagai perlengkapan, sehingga yang menginap bisa melakukan berbagai aktivitas sebagaimana layaknya di rumah sendiri seperti memasak, memancing, berkumpul dan berbagai aktivitas lainnya.

5. Kampung Karuhun

Kampung Karuhun merupakan sebuah kawasan wisata terpadu yang berada di wilayah Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan. Lokasinya sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Sumedang ke arah selatan. Kawasan Kampung Karuhun berupa pesawahan berbukit dan lingkungan hutan tropis yang masih terjaga keasriannya.

Berbagai fasilitas dan wahana wisata tersedia di Kampung Karuhun. Ada fasilitas restoran, meeting room, pojok seni, cottage, saung budaya, meeting room, wedding door serta berbagai wahana seperti atv, flying fox dan river tubbing.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut