get app
inews
Aa Read Next : Cegah Kasus Kekerasan Terhadap Anak dan KBG, PLN Gelar Sosialisasi di Bandung Barat

Wapres Didampingi Menhan Tetapkan 2.974 Personel Komcad di Kopassus Batujajar

Kamis, 08 September 2022 | 21:44 WIB
header img
Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memeriksa pasukan saat upacara penetapan Komponen Cadangan Tahun 2022 di Kopassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (8/9/2022). (Foto/INewsBandungraya.id)

BANDUNG BARAT,INEWSBANDUNGRAYA.ID - Sebanyak 2.974 personel Komponen Cadangan tahun 2022 telah ditetapkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di lapangan Pusdiklatpassus, Kopassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (8/9/2022).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan, wajib semua warga negara ikut dalam bela negara untuk mempertahankan dan menjaga kedaulatan wilayah. Oleh karena itu negara harus menyiapkan komponen cadangan dan ini akan terus dilakukan dalam beberapa tahun ke depan.

"Sekarang ini Komponen Cadangan baru dua angkatan, baru 13 batalion dari targetnya 40 batalion. Makanya akan terus ditambah," ucapnya kepada wartawan.

Dikatakannya, setelah dilatih dan ditetapkan mereka akan dikembalikan ke lingkungannya masing masing. Namun kalau negara membutuhkan, mereka siap kapan saja untuk diterjunkan, utamanya dalam menghadapi kejadian bencana yang bisa terjadi kapan saja. 

"Komcad harus selalu siap kapan saja dan bisa digerakan sewaktu waktu, semisal dalam menghadapi bencana," sambungnya.

Wapres berpesan ke depannya, pelatihan pertahanan Komcad agar didesain dalam perspektif yang luas. Menggabungkan sekolah pertahanan konvensional dan ancaman non tradisional. Pertahanan modern juga mengutamakan teknologi informasi dan komunikasi serta peralatan canggih berbasis digital, sehingga perlu dimasukkan di dalam kurikulum pelatihan.

Perlu dikembangkan narasi yang optimistik, dalam komunikasi publik terkait peran dan fungsi Komcad. Sehingga muncul kesadaran kolektif seluruh anak bangsa untuk ambil bagian dalam upaya bela negara yang bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk.

Selain itu, lanjut dia, promosi bela negara pada generasi muda membutuhkan terobosan yang inovatif, pelatihan yang kreatif, dan kekinian. Agar bela negara efektif menjangkau berbagai kelompok. "Bagi yang telah ikut pelatihan, anggota Komcad harus tetap menjaga mandat dan terus menjadi inspirasi bela negara bagi masyarakat," pungkasnya.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam sambutannya mengatakan, Komcad dibentuk sesuai amanat UUD 1945. Setiap warga negara berhak wajib ikut serta dalam usaha membela dan menjaga keamanan negara. Komcad berasal dari unsur warga negara yang direkrut melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran, dan penetapan.

"Komcad tahun 2022 terdiri dari 2.974 personel, terdiri dari Rindam II Sriwijaya 490, Rindam VI Mulawarman 500, Rindam XIV Hasanudin 500, Komando Pendidikan Marinir TNI AL 499, Pusdiklat Kopasgat TNI AU 500, Kodiklat TNI AD 50, dan Universitas Pertahanan 475," sebutnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut