get app
inews
Aa Read Next : Viral Video Polisi Pamer Keamanan Data, Malah Bikin Netizen Ngakak

5 Fakta Said Fikriansyah, Remaja Cirebon yang Dituding Sebagai Hacker Bjorka

Kamis, 15 September 2022 | 09:35 WIB
header img
Kolase foto hacker Bjorka (kiri) dan Said Fikriansyah (kanan). (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Baru-baru ini, nama Muhammad Said Fikriansyah (17), remaja asal Cirebon, Jawa Barat mendadak viral.

Sebab, Said Fikriansyah ini dikaitkan dengan sosok hacker Bjorka, yang diduga membobol data pemerintah.

Lantas, benarkah demikian? Berikut 5 fakta Muhammad Said Fikriansyah yang dituding sebagai hacker Bjorka.

1. Siswa Paket C

M Said diketahui merupakan siwa Paket C di Kabupaten Cirebon. Saat ditemui MPI, M Said Fikriansyah membantah dirinya adalah Bjorka, hacker yang saat ini ramai dibicarakan di jagat maya se-Indonesia dan dunia.

2. Niat Lapor Polisi

M Said Fikriansyah, sudah mengetahui namanya dikaitkan dengan hacker Bjorka sejak beberapa hari lalu. Saat itu, dia  merasa bingung harus berbuat apa.

"Saya sudah tahu dari hari Selasa kemarin, mulanya saya bingung mau bagaimana. Saya juga sempat kirim DM ke Polresta Cirebon untuk mengklarifikasi hal yang menyeret namanya," ujar M Said Fikriansyah.

Tidak hanya itu, M Said juga sempat mencari nomor-nomor wartawan ke beberapa teman YouTuber untuk menegaskan dirinya tidak tahu siapa identitas di balik nama Bjorka.

“Saya tidak tahu-menahu siapa Bjorka itu, dan tidak tahu sama sekali identitasnya, "katanya.

3. Berprofesi Video Editor

M Said Fikriansyah mengaku hanyalah video editor biasa, bukan seorang hacker atau peretas.

"Ini, bukan seperti yang dituduhkan di jejaring sosial. Saya bukanlah Bjorka, saya hanya editor video biasa," kata M Said Fikriansyah.

4. Orang Tua Syok

Nana Supriyanto, ayah dari M Said Fikriansyah, mengaku syok dengan pemberitaan yang menyeret nama anaknya itu sebagai peretas data pemerintah atau Hacker Bjorka.

"Pastinya, saya sebagai orang tua kaget dengan kabar ini. Karena, saya tau sendiri anak saya hanya menempuh pendidikan Paket C, dan hanya bisa ngedit video, Jadi tidak mungkin mengerti dengan hal itu," kata Nana Suprianto.

5. Viral Usai Ditag Akun @volt anonym

Kabar Muhammad Said Fikriansyah merupakan hacker Bjorka diunggah oleh akun Instagram, @volt anonym. Dalam unggahannya, akun @volt anonym tersebut menyebut Hacker Bjorka bernama Muhammad Said Fikriansyah, pemuda asal Desa Klayan, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon.

Seperti diketahui, saat ini ramai diberitakan seorang hacker disebut dengan nama Bjorka. Dia berkali-kali mengungkap identitas lengkap di media sosial para pejabat di Indonesia. Saat ini, diketahui Pemerintah Indonesia mengklaim telah mengantongi identitas pelaku di balik Bjorka.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut