get app
inews
Aa Read Next : DIKSI Band Dari Bandung Selatan Luncurkan Empat Album Tematik

Situ Cileunca, Pesona Wisata Alam di Bandung Selatan

Senin, 26 September 2022 | 18:44 WIB
header img
Situ Cileunca. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Kawasan Bandung Selatan tepatnya di daerah Pangalengan memang menjadi salah satu wilayah yang banyak dikunjungi wisatawan saat hari libur.

Pangelangan memang terkenal dengan hamparan kebun teh yang sangat memanjakan mata par pengunjungnnya. Selain itu, di wilayah ini juga terkenal sebagai salah satu penghasil susu terbaik di Jawa Barat.

Jika Anda berniat untuk mengunjungi Pangalengan, maka wajib hukumnya untuk mengunjungi salah satu tempat wisata yang terkenal yakni Situ Cileunca. Lokasinya terletak di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Dilansir dari berbagai sumber, sejarah keberadaan Situ Cileunca ini berawal dari adanya danau buatan yang dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda menguasai daerah ini hingga tahun 1926. Danau ini berada diatas ketinggian 1550 mdpl, dengan luas sekitar 1.400 Ha dan kedalaman mencapai 17 meter.

Fungsi danau ini dibuat untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air pada masa itu. Seiring perubahan zaman danau tersebut di masa kini dialih fungsikan untuk kawasan wisata alam.

Apabila berkesempatan menyambangi Situ Cileunca, beragam keunikan maupun keunggulan tempat wisata ini dapat ditemui diantaranya, dapat berkeliling menjelajahi seputaran danau menggunakan perahu yang menggunakan mesin.

Keunikan lainnya dapat ditemui bagi yang mempunyai hobi fotografi, sebab untuk mendapatkan view yang bagus, sangat pas untuk hadir di situ ini di pagi hari sebelum matahari terbit. Sebab, view berfoto dengan latar belakang danau yang indah ini dipadu dengan terbitnya matahari pagi sangat pas untuk diabadikan.

Keunggulan lainnya dapat ditemui di lokasi wisata ini yakni, fasilitas paket wisatanya sangat bervariasi, beragam dan penuh tantangan seperti adanya wahana arung jeram atau rafting. Fasiltas ini sangat digemari wisatawan dan menjadi unggulan pilihan.

Lokasinya pun berada di Sungai Palayangan yang airnya berasal dari Situ Cileunca. Wisatawan pun masih dimanjakan untuk dapat memilih beragam paket wisata outbond lainnya seperti flyng fox, panahan, permainan paint ball, pangalengan tour, camping atau berkemah, penginapan, makanan dan lain-lainnya.

Hal lain yang unik, menarik dan menggelitik wisatawan tuk selalu teringat Situ Cileunca karena adanya keberadaan Jembatan Cinta. Jembatan Cinta awalnya dibangun oleh pemerintah desa di atas Situ Cileunca, dimaksudkan untuk membantu mobilitas dan ekonomi warga antara dua pulau yang terpisah.

Bagi wisatawan yang suka fotogarfi tentu tak melupakan untuk mengabadikan angle menarik di jembatan ini.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut