get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong Soroti Kepemimpinan Wasit Jelang Laga Timnas Indonesia vs Irak

Keren! Piala Dunia 2022 Akan Ada 3 Wasit Wanita, Nomor 2 dari Asia

Senin, 24 Oktober 2022 | 18:35 WIB
header img
Jadwal Lengkap Piala Dunia 2022 Qatar dari Grup A hingga Grup H (Foto: Istimewa)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Gelaran Piala Dunia 2022 akan mengukir sejarah baru bagi dunia perwasitan. Sebab di Piala Dunia yang digelar di Qatar ini akan ada tiga wasit wanita.

Bahkan salah satu wasit wanita yang akan jadi pengadil di Piala Dunia 2022 ini mewakili Benua Asia.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan digelar mulai 20 November hingga 18 Desember 2022. Berbagai persiapan untuk mensukeskan gelaran 4 tahunan itu tentu terus digeber FIFA.

Komponen yang ikut dipersiapkan FIFA adalah menentukan wasit yang kompeten. Bukan hanya menunjuk pria, federasi sepakbola dunia itu juga menunjuk wanita untuk menjadi wasit.

Berikut 3 wasit wanita di Piala Dunia 2022:

1. Salima Mukansanga

Wasit wanita yang akan jadi pengadil di Piala Dunia 2022 ini adalah wanita kebangsaan Rwanda. Salima Mukansanga ternyata sudah memulai karier sebagai wasit sejak usia 20 tahun.

Torehan catatan yang pernah dibuatnya adalah wasit wanita pertama di Piala Afrika beberapa waktu lalu. Kemudian, Salima juga pernah memimpin laga di  Olimpiade, Piala Dunia Wanita, Africa Women Cup of Nations, serta CAF Women's Champions League.

Salima juga tercatat adalah wanita asal Afrika pertama yang menjadi pengadil lapangan di laga sepak bola pria. Dia saat ini kembali mengukir sejarah dengan berada di panggung besar helatan pesta olahrgaa bola empat tahunan itu..

2. Yoshimi Yamashita

Wanita yang akan bertugas memimpin laga di Piala Dunia 2022 adalah asal Jepang. Dia adalah Yoshimi Yamashita.

Yoshimi Yamashita merupakan pengadil pertama yang memimpin laga Liga Champions Asia pada 2019, saat itu bertanding antara Melbourne City vs Chunnam Dragons.

Wanita berusia 36 tahun itu juga pernah menjadi pengadil lapangan di laga-laga Olimpiade Tokyo 2020 dan J1 League. Dia mengaku tidak menyangka kesempatan untuk berada di Qatar akan datang ke karir dan kehidupannya.

3. Stephanie Frappart

Menjadi wasit di Piala Dunia 2022 tidak terbayangkan sebelumnya oleh Stephanie Frappart. Popularitas Stephanie sebelumnya meroket di kompetisi-kompetisi Eropa hingga akhirnya ditunjuk FIFA menjadi sang pengadil di Qatar nanti.

Wanita berusia 38 tahun itu pernah menjadi wasit wanita pertama yang memimpin laga Ligue 1 Liga Prancis. Stephanie juga pernah menjadi wasit final Piala Dunia Wanita pada 2019 yang diselenggarakan di Prancis.

Tidak hanya itu, wanita asal Prancis ini juga sempat memimpin laga final Piala Eropa antara Liverpool vs Chelsea dan final Coupe de France antara Nice vs Nantes.

Itulah daftar 3 wanita yang akan menjadi wasit di Piala Dunia 2022. 

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut