get app
inews
Aa Read Next : Anak SMP di Ujungberung Bandung Tewas Dianiaya 2 Teman Sekolah

Kerugian Kebakaran Gudang Tripleks Bandung Ditaksir Capai Rp2 Miliar

Kamis, 27 Oktober 2022 | 16:28 WIB
header img
Kebakaran gudang triplek di Bandung. (Foto: tangkapan layar Instagram @ge.handika)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Kerugian akibat kebakaran yang melanda gudang triplek di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung ditaksir mencapai Rp2 miliar.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana mengatakan, kebakaran tersebut melahap seluruh isi gudang berupa tripleks, kardus, dan lem.

"Semua barang di pabrik terbakar. Informasi dari pemilik gudang, kerugian akibat kebakaran itu mencapai Rp2 miliar," kata Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Gun Gun Sumaryana, Kamis (27/10/2022).

Meski begitu, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran yang proses pemadam apinya lebih dari 37 jam tersebut. Menurutnya, untuk memastikan penyebab kebakaran adalah kewenangan pihak kepolisian.

"Kami tidak bisa menduga-duga. Nanti justru menjadi polemik," ungkapnya.

Gun Gun menuturkan, berdasarkan hasil evaluasi petugas Diskar PB, tidak ditemukan sumber air memadai dan alat pemadam api ringan (APAR) di gudang tripleks yang terbakar. 

"Kami tidak menemukan tondon air dan APAR di lokasi gudang tripleks. Padahal kalau dua instrumen pencegahan itu ada, setidaknya kebakaran bisa secepatnya diatasi," katanya.

Selain itu, gudang triplek di Jalan Soekarno-Hatta, Cijagra itu juga tidak memiliki alarm kebakaran. Padahal alarm sangat penting sebagai warning atau peringatan keadaan bahaya untuk lingkungan gudang dan sekitarnya.

Ia menambahkan, proses pemadaman api yang membakar gudang itu sangat lama, mencapai 39 jam karena berisi bahan multiblock. Bahan di dalam gudang pun sebagian besar mudah terbakar sehingga api sulit dipadamkan.

Seperti, bahan-bahan konduktor, tripleks, lem, dan kardus. Bahkan, gudang yang berdiri di atas lahan seluas 2.000 meter persegi ini hampir 70 persen terisi bahan multiblock, penuh sampai atap.

"Jadi (bahan-bahan mudah terbakar itu) membuat apinya awet. (Api) di lapisan atasnya sudah padam, tapi di bawahnya belum. Akibatnya api bisa menyala kembali," tandasnya.

Diketahui, peristiwa kebakaran melanda gudang tripleks di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung. Proses pemadaman membutuhkan waktu hingga 39 jam dari Selasa (25/10/2022) malam hingga Rabu (26/10/2022) sore.

Lebih dari 300 personel Diskar PB, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Kota Cimahi dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas juga mengerahkan 22 unit mobil pemadam. Setelah berjuang keras akhirnya api dapat dipadamkan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut