get app
inews
Aa Read Next : Pasar Kosambi Bertransformasi: 36 Penjual Siap Suguhkan Kuliner Malam yang Menggoda

Diskar PB Kota Bandung Keluhkan Banyak Hidran Tak Berfungsi

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 09:54 WIB
header img
Ilustrasi hidran. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mengeluhkan banyaknya hidran yang tak berfungsi. Padahal, hidran memiliki peranan penting dalam membantu proses pemadaman api saat kebakaran terjadi.

Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana mencontohkan, pada kebakaran gudang triplek kemarin, armada damkar harus bolak balik mengambil air untuk memadamkan api. Padahal, air yang dibutuhkan sangat banyak.

Sementara bahan yang ada di dalam gudang sangat mudah terbakar. Menurutnya, tekanan air yang tidak mencukupi, membuat hidran tidak bisa digunakan.

"Ada hidran, tapi air tidak mencukupi (tekanannya)," ucap Gun Gun, Kamis (27/10/2022).

Karenanya, Gun Gun berharap, hidran di Kota Bandung yang harus segera diperbaiki. Terutama hidran yang ada di sekitar fasilitas publik seperti rumah sakit, pasar, dan lainnya.

"Ya kami harapannya hidran di Bandung semua bisa aktif dan digunakan. Karena ini akan sangat membantu proses cepatnya pemadaman api saat terjadi kebakaran," katanya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemenuhan peralatan damkar.

"Soal peralatan, kita terus penuhi untuk Dinas Damkar. Terkait sumber air, kita sudah beberapa kali sampaikan ke PDAM. Sebab sumber airnya dari mereka. Namun, ternyata masih ada beberapa kendala, salah satunya tekanan air," ungkap Yana.

Yana juga mengimbau, agar di masing-masing wilayah memiliki beberapa titik hidran aktif, sehingga mudah dijangkau.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut