get app
inews
Aa Read Next : Perawat RS Santosa Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Gemparkan Warga Bandung

Begal Makin Merajalela, Polda Jabar Minta Polres Gencarkan Patroli Malam

Jum'at, 18 November 2022 | 05:38 WIB
header img
Ilustrasi pembegalan. (Foto: Okezone)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Polda Jawa Barat meminta seluruh Polres di wilayah hukum Polda Jabar menggencarkan patroli malam menyusul makin merajalelanya aksi pencurian dengan kekerasan (curas) atau pembegalan

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya akan melakukan analisa dan evaluasi situasi kamtibmas terkini di Jabar.

Menurutnya, patroli malam perlu digencarkan mengingat para pelaku begal kerap beroperasi pada malam hingga dini hari. Patroli malam, kata Kombes Pol Ibrahim, menjadi upaya preventif sekaligus represif dalam menangkal berbagai tindak kejahatan, termasuk aksi begal. 

"Nanti polres masing-masing yang akan buat kebijakan terkait pembentukan tim. Namun, konsep tugasnya sama untuk giat preventif dan represif," jelas Kombes Pol Ibrahim saat dikonfirmasi, Kamis (17/11/2022). 

Selain patroli malam, lanjut dia, pihaknya pun bakal menggencarkan patroli, khususnya di wilayah-wilayah yang dinilai rawan aksi kejahatan. Bahkan, pihaknya pun akan meningkatkan deteksi dini, termasuk penindakan terhadap para pelaku begal. 

"Deteksi dini juga akan ditingkatkan dan upaya refresif atau penindakan terhadap pelaku," tegasnya. 

Kombes Pol Ibrahim kembali menegaskan bahwa tindakan tegas dan terukur jelas akan dilakukan oleh petugas sesuai norma aturan jika aksi begal sudah membahayakan jiwa.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut