get app
inews
Aa Read Next : Weekend di Karawang? Jangan Lewatkan Liburan di 3 Tempat Wisata Alam Ini

7 Rekomendasi Wisata Alam di Cianjur, Paling Hits dan Favorit Wisatawan

Selasa, 22 November 2022 | 16:02 WIB
header img
Curug Citambur Cianjur. (Foto: Instagram @novalarsyad110)

CIANJUR, INEWSBANDUNGRAYA - Cianjur merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Daerah yang hanya berjarak dua jam dari Bandung ini memiliki tempat wisata yang sangat menakjubkan.

Berada di wilayah dataran tinggi, membuat Cianjur memiliki deretan pengunungan dan perbukitan asri. Tak hanya itu, banyak juga perkebunan teh yang bisa Anda temui dengan kawasan cukup luas yang menawarkan pemandangan indah.

Terdapat banyak tempat wisata alam yang begitu indah di Cianjur ini. Bukan hanya soal pegunungan, tapi juga banyak tempat wisata menarik untuk kalian kunjungi.

Sepertinya halnya pantai, curug atau air terjun, kebun raya, dan masih banyak tempat wisata yang lainnya.

Jadi bagaimana, tertarik untuk beriwsata ke Cianjur? Jika iya, kami rekomendasikan beberapa tempat wisata yang cocok Anda kunjungi.

Berikut ini 7 tempat wisata alam di Cianjur pas untuk habiskan waktu libur, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti berjarak sektiar 139 km dari pusat kota Cianjur. Tepatnya ada di Jalan Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun. Pantai dengan sejuta keindahan ini memang terbilang asri dan alami, karena belum banyak tersentuh oleh wisatawan dan polesan industri pariwisata setempat.

Di balik kesederhanaan pantai ini ada pasir putih yang cukup panjang dengan deburan ombak. Bagi Anda para pecinta sunset, di pantai ini juga terdapat panorama sunset yang bisa Anda nikmati dan sayang kalau dilewatkan.

2. Curug Citambur

Memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 100 meter, curug Citambur mempunyai banyak keunikan seperti debit airnya yang deras dan berlimpah. Berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda.

Adanya debit air yang deras dan pemandangan alam yang hijau membuat suasana liburan makin menyenangkan. Pengunjung yang datang bisa merasakan deburan air yang berhembus seperti sebuah kabut segar.

3. Gunung Gede

Suka mendaki dan menjelajahi alam?Anda bisa menjadikan Gunung Gede sebagai tujuannya. Berada di ketinggian 3000 mdpl, Gunung Gede memiliki pemandangan yang menakjubkan. Sehingga, gunung ini masih menjadi favorit para pendaki untuk ditaklukkan.

Meski membutuhkan perjuangan yang menguras tenaga, semua akan terbayar lunas dengan pemandangan begitu indah ketika Anda berada di puncak. Hamparan hijau dari ketinggian akan membuat Anda terpukau. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunrise di gunung yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango ini.

4. The Little Venice Cipanas

Little Venice Kota Bunga Cipanas, merupakan sebuah danau buatan yang dirancang mirip dengan struktur lingkungan di Venice, Negara Italia. Dibangun dengan beraneka ragam bangunan yang sama persis dengan bangunan yang ada di negera Italia. Mulai dari gedung, rumah hingga bangunan lainnya.

Berada di Batulawang, Cipanas. The Little Venice Cipanas sangat cocok untuk para pecinta fotografi karena memiliki banyak objek cantik yang bisa dipotret, sehingga terasa mengesankan terutama untuk Anda yang suka mengoleksi foto-foto keren.

5. Curug Cibeureum

Berada di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas. Curug Cibeureum memiliki air terjun utama dan dua air terjun lain yang lebih kecil, yaitu Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Tetapi Curug Cibeureum menjadi air terjun terbesar dan paling pendek yang ada di kawasan ini.

Nama Cibeureum berasal dari bahasa Sunda yang artinya sungai merah dan diambil dari nuansa merah di dinding tebing. Berada di tempat yang lebih terbuka dan dekat dengan shelter, menjadikan Curug Cibeureum banyak dikerumuni oleh pengunjung.

6. Wana Wisata Mandalangi

Baik hari biasa maupun ketika musim liburan, Wana Wisata Mandalawangi tidak pernah sepi pengunjung. Destinasi berupa bumi perkemahan ini memiliki keindahan yang tidak bisa ditawar. Mulai dari danau, sungai hingga pepohonan rindang yang menyejukkan, inilah alasan kenapa Wana Wisata Mandalawangi sangat cocok sebagai lokasi camping.

Ketika memutuskan untuk camping, Anda bisa memilih camping ground sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik,seperti menyusuri sungai, trekking, menjelajahi hutan, dan menikmati air terjun. Fasilitas yang ditawarkan juga memadai dan memanjakan wisatawan.

7. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah salah satu wisata alam yang bisa Anda nikmati di kawasan Wisata Cibodas. Gunung Gede Pangrango inilah yang menjadi sumber keindahan bagi alam sekitar termasuk wisata alam lainnya seperti Kebun Raya Cibodas dan Bumi Perkemahan Mandalawangi.

Memiliki luas 21.975 hektare, kawasan Taman Nasional ini ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan sehingga memiliki peranan penting dalam sejarah konservasi di Indonesia.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut