Logo Network
Network

Sukses Gelar Kongres Pemda se-Asia Timur, Jabar Teken Kerja Sama dengan Berbagai Negara

Pramoedya
.
Jum'at, 25 November 2022 | 06:44 WIB
Sukses Gelar Kongres Pemda se-Asia Timur, Jabar Teken Kerja Sama dengan Berbagai Negara
Gelar Kongres Pemda se-Asia Timur di Kota Bandung. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Barat sukses menjadi tuan rumah dalam kongres Pemerintah Daerah se-Asia Timur atau East Asia Local and Regional Government Congress (EALRGC) ke-11 tahun 2022, di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (25/11/2022).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut bahwa kongres tersebut menghasilkan sejumlah kerja sama pemerintah daerah dari berbagai negara lahir dalam General Session. Dirinya berharap, organisasi bisa berperan besar dalam kemajuan pemerintah daerah di Asia.

"Organisasi ini sangat powerfull karena menyamakan langkah kerja sama ke depan di level Asia yang kalau kompak itu sangat luar biasa. Acara ini juga berdekatan dengan G20 kemarin di Bali sehingga kita bisa menyaksikan Indonesia banyak dipercaya dapat menyelenggarakan diplomasi berkelompok di dunia maupun di benua Asia," tutur Kang Emil, sapaan akrabnya.

Sejalan dengan hasil G20, Kang Emil menilai, pertemuan tersebut juga sebagai ajang menyamakan irama untuk mencari solusi ragam disrupsi yang dirasakan belakangan ini. Seperti, masalah perang, pandemi, isu lingkungan hingga krisis ekonomi.

"Sehingga kita menyadari tidak bisa bekerja sendiri, harus bekerja bersama-sama," ungkapnya.

Jawa Barat, kata Kang Emil, meneken sejumlah kerja sama dengan daerah anggota kongres. Seperti menyepakati kerjasama disektor wisata yang dinilai sebagai cara tercepat untuk membangkitkan ekonomi lokal.

"Apalagi kita saling promosi di negara-negara anggota kongres ini," ujarnya.

Jawa Barat juga menyepakati kerjasama ilmu kebencanaan dengan Perfektur Shizuoka, Jepang yang dinilai sebagai salah satu daerah tangguh bencana gempa bumi.

"Karena Shizuoka termasuk provinsi yang tangguh terhadap bencana gempa bumi. Kami di Jawa Barat ingin belajar," ucapnya.

Secara umum, Kang Emil menilai seluruh rangkaian acara berjalan sukses. Rencananya kongres tahun depan akan digelar di Lin Yi, Tiongkok.

"Acara berlangsung sangat sukses. Makin banyak kerjasama seperti ini dunia makin damai, jauh dari perang fokus pada kesepahaman kesejahteraan bersama," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Prefektur Nara, Arai Shogo berpendapat, kongres ini sangat bermanfaat. Selain melahirkan kerjasama, ia menyoroti soal komitmen dan rasa kebersamaan yang erat dari para delegasi. Ia menganggap, kongres ini seperti representasi semangat kebersamaan pada Konderensi Asia Afrika tahun 1955.

"Bagi saya hal yang paling besar, bahwa semangat yang dimiliki oleh Bandung tentang kebersamaan, menciptakan harmonisasi dengan negara tenagga, saya rasakan juga pada kongres kali ini," kata dia.

Arai meyakini, jalinan kerjasama semacam ini sangat penting bagi peradaban dunia yang lebih baik.

"Saya percaya bergerak sendiri, berusaha mandiri dan saling bantu adalah sesuatu yang penting demi masa depan dunia yang lebih baik. Pertumbuhan ekonomi dunia akan sangat terpengaruh dari perkembangan ekonomi tiap negara kongres," jelasnya.

Wakil Gubernur Prefektur Shizuoka, Ideno Tsutomu mengku siap membantu Jawa Barat dalam pembinaan sumber daya manusia yang tangguh menghadapi bencana.

"Prefektur Shizuoka di Jepang memang sering mengalami gempa bumi, tapi kami selama 50 tahun lebih ini memang ada banyak kebijkan untuk ditutunt tentang penanganan bencana khususnya gempa bumi," ucapnya.

Ideno pun membuka pintu bagi utusan Jawa Barat untuk berkunjung ke Shizuoka.

"Saya berharap dengan adanya perpanjangan MoU antara Shizuoka dan Jabar, diantaranya penerimaan staf dari Jabar ke Shizuoka untuk sharing knowledge," jelasnya.

​​​​​​

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.