get app
inews
Aa Read Next : Weekend di Karawang? Jangan Lewatkan Liburan di 3 Tempat Wisata Alam Ini

6 Rekomendasi Tempat Wisata dengan Suguhan Alam Eksotis di Ciamis

Jum'at, 02 Desember 2022 | 20:00 WIB
header img
Puncak Bangku Rancah. (Foto: Instagram @wonderfulciamis)

CIAMIS, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Jawa Barat memang terkenal dengan keindahan alamnya yang tak dimiliki oleh provinsi lain di Indonesia.

Maka tak heran, jika banyak tempat wisata di Jawa Barat ini yang menjadi incaran para wisatawan karena keindahan alamnya tersebut.

Nah, salah satu keindahan alam Jawa Barat ini bisa Anda temui di Ciamis. Tempat wisata di Ciamis menyuguhkan pemandangan alam yang menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari tempat wisata alam, seperti curug atau air terjun, kemudian pegunungan, danau atau situ dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari sekian banyak tempat wisata di Ciamis, berikut kami pilihkan beberapa destinasi wisata yang cocok Anda kunjungi untuk mengisi waktu libur akhir pekan ini.

Inilah 6 rekomendasi tempat wisata di Ciamis yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Puncak Bangku Rancah

Salah satu tempat wisata di Ciamis yang tidak boleh dilewatkan adalah Puncak Bangku Rancah. Di sini, Anda akan disugukan pemandangan yang begitu luar biasa indah.

Banyak spot-spot foto yang sudah tersedia disertai dengan lautan awan yang mengesankan. Lokasinya terletak di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Bagi Anda yang ingin menikmati negeri diatas awan bisa datang pada pukul 6 pagi. Pasalnya, momen ini akan berakhir pada pukul 8 pagi.

Aktivitas lain yang bisa dinikmati adalah minum secangkir kopi bersama dengan teman. Suasananya yang syahdu membuat tempat ini cocok digunakan untuk nongkrong.

2. Situs Gunung Susuru

Ciamis memang terkenal sebagai pusat kerajaan Galuh yang cukup terkenal di Jawa Barat. Beberapa peninggalannya pun masih terawat dengan baik sampai saat ini.

Salah satu buktinya adalah Situs Gunung Susuru. Luasnya kurang lebih 320 meter persegi, diapit oleh dua sungai sekaligus yakni Sungai Cileueur dan Cimuntur yang berada di Dusun Bunder, Desa Kertabumi, Kecamatan Cijeungjing.

Di sini, Anda bisa melihat punden berundak, salah satu peninggalan kerajaan Hindu. Kurang lebih ada 3 buah yang tersebar di seluruh kawasan.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menyaksikan sebuah gua yang jumlahnya juga ada 3. Ada Sumur Batu dengan peninggalan seperti manik-manik, senjata batu, keramik, peluru dan masih banyak lagi.

3. Curug Tujuh Cibolang

Wisata Ciamis satu ini mempunyai tujuh tingkatan. Kawasan ini mempunyai ketinggian kurang lebih 800 hingga 900 meter di atas permukaan laut. Untuk suhunya sendiri mencapai 17 sampai 18 derajat.

Airnya sangat dingin dan menyegarkan bila tersentuh oleh kulit. Tidak hanya menikmati air terjunnya saja. Anda juga bisa membawa tenda dan camping disini.

Tempat ini juga sering dikunjungi oleh warga sekitar. Di mana, ada makam keramat yang bisa ditemui. Saat bulan ruwah atau pada malam jumat, biasanya makam ini ramai dikunjungi.

4. Astana Gede Kawali

Tempat wisata Ciamis satu ini terletak di Dusun Indrayasa, Kecamatan Kawali. Di tempat ini, Anda bisa melihat berbagai peninggalan seperti Menhir, Batu Prasasti, dan Makam. Batu Sahyang Bongkok juga menjadi peninggalan paling terkenal di kawasan ini.

Menurut warga sekitar namanya adalah Batu Jubleg. Menurut cerita warga, batu ini sangat keras dan tidak bisa dihancurkan dengan alat apa pun. Bahkan sampai menggunakan alat berat sekali pun.

5. Situ Lengkong

Objek wisata Ciamis ini mempunyai kisah menarik. Konon katanya berasal dari tetesan air zam-zam. Air ini dibawa oleh Putra Mahkota Kerajaan Panjalu dari Mekah.

Luasnya kurang lebih 9,25 hektar di mana di tengahnya bisa melihat sebuah pulau yang bernama Nusa Larang. Di pulau ini ada sebuah makam yaitu anak Borosngora atau lebih dikenal dengan nama Prabu Hariang Kencana.

Saat ini, air dari situ Lengkong ini diambil dan dijadikan air minum. Sudah tersedia penampungan yang akan disaring terlebih dahulu. Fasilitas lain yang disediakan disini ada perahu yang bisa digunakan untuk berkeliling, atau berkunjung ke Pulau Nusa Larang.

Anda juga bisa membeli beberapa kerajinan tangan seperti gelang kayu, atau kerajinan dari bambu.

6. Wisata Desa Jelat

Butuh tempat yang berbeda dan jauh dari kota? Tempat wisata di Ciamis ini bisa jadi solusi. Desa Jelat di Kecamatan Baregbeg ini memiliki penduduk desa yang sangat ramah dan bersahaja. Mata pencaharian mereka adalah petani dan mengurus kolam ikan.

Suasananya menjadi daya tarik tersendiri. Udara yang segar di pagi hari, keramahan tetangga satu sama lain. Tidak ada suara bising kendaraan, yang ada hanya suara hewan. Desanya sendiri sangat tenang dan menyenangkan. Siapa pun bakal betah berlama-lama disini.

Anda juga bisa membantu petani disini di sawah dengan menanam padi. atau panen ikan nila dan gurame, memberi makan ikan, mengambil telur ayam dan mencoba menetaskannya. Penduduk sekitar pun sudah dilatih untuk menerima tamu dari kota.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut