get app
inews
Aa Read Next : Reaktivasi Teras Sunda Cibiru dan Pasir Kunci Akan Dongkrak Pariwisata di Bandung Timur

Disparbud Jabar Cari Anak Muda di Desa untuk Jadi Konten Kreator SWJ Ambasador

Sabtu, 10 Desember 2022 | 21:00 WIB
header img
Disparbud Jabar Cari Anak Muda di Desa untuk Jadi Konten Kreator SWJ Ambasador. (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar) tengah mencari anak-anak muda atau kaum milenial di pedesaan yang ditugaskan menjadi konten kreator untuk mempromosikan wisata di Jawa Barat.

Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, program ini merupakan intruksi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang ingin membuat terobosan baru dalam mendongkrak sektor pariwisata di Jabar lewat konten kreator.

"Ini merupakan idenya Pak Gubernur. Pak Gubernur mengharapkan para konten kreator ini bisa mengeksplore potensi-potensi yang ada di Jabar, terutama pariwisata karena selama ini, potensi pariwisata ini kurang tereksplor," ucap Benny, Sabtu (10/12/2022).

Benny mengatakan, anak-anak muda itu nantinya akan diberikan edukasi atau pelatihan tentang bagaimana caranya membuat konten untuk mempromosikan potensi wisata di wilayahnya.

"Jadi nanti mereka itu harus belajar bagaimana caranya membuat konten, bagaimana memanfaatkan teknologi informasi ini supaya mereka bisa mengeksplore potensi desanya, itu yang kita kuatkan," ungkapnya.

Benny menyebut, rencananya program tersebut akan dimulai tahun depan dengan target mencapai 1.000 konten kreator.

"Kita berikan pelatihan, dari pelatihan itulah mereka mampu mengeksplore potensi yang ada di wilahnya, targetnya seribu konten kreator atau lebih," imbuhnya.

Untuk saat ini, lanjut Benny, pihaknya memanfaatkan kreator muda dari berbagai daerah di Jawa Barat untuk mempromosikan wisata di Jawa Barat. Para kreator itu bernama Smiling West Java (SWJ) Ambasador.

"Kita ambil yang sudah jadi, orang-orang yang followersnya cukup besar, ini yang kita harapkan dan ternyata dalam tujuh bulan ini memberikan kontribusi yang sangat
baik sekali. Hasilnya adalah peningkatkan kunjungan wisatawan yang sebelumnya belum tereksplore," tuturnya.

"Jadi dengan kehadiran mereka wisatawan yang menginginkan suatu yang berbeda itu jadi terinformasikan, di mana dan lain sebagainya. Bahwa ketika wisata di daerah itu tereksplore, maka ekonomi di daerah pun akan tumbuh," tambahnya.

Dikatakan Benny, saat ini di Jawa Barat sudah ada 434 desa wisata yang terbagi dalam desa wisata rintisan, maju, berkembang dan mandiri.

Sementara itu, salah satu kreator dari Smiling West Java (SWJ) Ambasador, Nenden Yayu Destiana mengatakan, dirinya bertugas untuk mempromosikan pariwisata di Jabar lewat sebuah video.

"Kita disini sebagai SWJ Ambasador bertugas untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan serta ekonomi yang ada di Jawa Barat. Tugasnya lebih ke pembuatan video konten kreator yang menarik untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke Jawa Barat," kata Nenden.

Menurutnya, pembuatan video itu pun tidak asal-asalan. Agar mudah diterima masyarakat, Nenden pun harus mengikuti tren yang tengah ramai di media sosial.

"Triknya yang pasti adalah pengambilan video yang bagus terus kita juga mengikuti fenomena viralnya sesuatu biar masuk ke dalam yang lagi hits, apa yang lagi trens di masyarakat sehingga mudah diterima oleh masyarakat itu sendiri," ungkapnya.

Diakui Nenden, selama bertugas menjadi konten kreatos di SWJ Ambasador, ada tiga daerah di Jawa Barat yang sangat berkesan buat dirinya yaitu Bogor, Bekasi, dan Depok.

"Disana itu banyak sekali tempat wisata, terutama di Bogor yangada pemandian air panas belerang tapi semi private jadi kitanya tuh tidak bergabung dengan orang lain tetapi bener-bener untuk relaksasi, untuk refreshing jadi eksklusif seperti itu," katanya.

"Terus kalau di Bekasi ada Amazon World berupa wahana anak-anak yang seru sekali. Kalau Depok itu ada makanan khas trasdisional yang merupakan sebuah rumah makan yang  disitu tuh bisa one stop destinasion karena ada pemancingannya juga ada edukasi anak juga terus ada edukasi budaya juga jadi tidak hanya menikmati makan saja tapi juga bisa menjadi tempat wisata juga," sambungnya.

Senada, Rusman Hakim yang juga salah satu SWJ Ambasador ini mengungkapkan tugas kesehariannya selama menjadi konten kreator di SWJ Ambasador.

"Jadi untuk sehari-hari kita disini kerjaanya ngonten ngonten dan ngonten. Tujuannya untuk memperkenalkan pariwisata yang ada di Jawa Barat bukan hanya di nasional tapi juga global," kata Rusman.

"Karena seperti yang kita tahu sama-sama ternyata kekuatan digital itu sekarang jaraknya sudah tanpa batas jadi bukan hanya untuk area Jawa Barat saja tetapi juga kita sudah bisa menasional dan juga internasional," sambungnya.

Seperti halnya Nenden, Rusman juga memiliki cerita dan kesan tersendiri saat bertugas menjadi konten kreator di SWJ Ambasador. Ia menyebut, ada dua tempat di Jawa Barat yang wajib dikunjungi wisatawan.

"Ada dua lokasi di jawa barat yang harus kita kunjungi yaitu Pangandaran dan juga Kabupaten Tasikmalaya," ujarnya.

Menurut Rusman, kedua tempat ini bukan hanya terkenal dengan tempat wisata alam atau gunungnya saja, tapi juga masih banyak destinasi wisata yang wajib banget di eksplore wisatawan.

"Yang orang-orang tau itu Tasikmalaya cuman mengunjungi gunung tapi ternyata Tasikmalaya juga punya pantai yang disebut dengan pantai Karang Tawulan. Pantai ini bisa dikatakan pantai romantis yang ada di Jawa Barat. Nah yang biasanya cuaca pantai itu panas tapi kalau di Karawng Tawulan ini kita akan merasakan sensasi dingin sehingga cocok buat temen-temen yang hobinya camping," terangnya.

"Dan yang kedua Pangandaran. Mungkin untuk tempat seperti Batukaras dan lainnya sudah pada tau, nah tapi disini saya mau mengajak temen-temen semua untuk menuju Pantai Madasari. Karena pantai nan romantis dan satu lagi disitu kita bisa makan lobstre kiloan, cocok banget untuk temen-temen pecinta kuliner," tambahnya.

Baik Nenden ataupun Rusman, keduanya mengaku sangat beruntung bisa bergabung menjadi konten kreator di SWJ Ambasador. Pasalnya, selain bisa memperkenalkan pariwisata dan kebudayaan tapi juga bisa meningkatkan perkenomian masyarakat yang ada di Jawa Barat.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut