get app
inews
Aa Read Next : Sejumlah Nama Mentereng Dukung Daud Achmad Jadi Ketua KONI Jabar

Dianggap Lebih Transparan, Alasan Banyak Cabor Dukung Daud Achmad Jadi Ketua KONI Jawa Barat

Selasa, 13 Desember 2022 | 16:03 WIB
header img
Sekretaris PRSI Jawa Barat, Angga Wardhana (pertama dari kiri) dan Ketua PSSI Jawa Barat, Tommy A (ketiga dari kiri/paling kanan). (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Sejumlah cabang olahraga (cabor) terus menyatakan dukungan kepada Daud Achmad agar menjadi ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat periode 2022-2026.

Mantan Sekretaris Daerah Jawa Barat itu dinilai transparan dalam mengelola keuangan sehingga diharapkan berdampak optimal terhadap pembinaan atlet.

Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Barat, Tommy Apriantono memastikan pihaknya mendukung Daud Achmad agar menjadi ketua KONI Jawa Barat selanjutnya.

Menurutnya, Ketua Persatuan Squash Indonesia Jawa Barat itu sebagai sosok yang berintegritas dan membuktikan keterbukaan terkait pengelolaan keuangan.

"Saya mendukung Pak Daud, agar ke depan pengelolaan keuangan bisa lebih transparan," ucap Tommy di Bandung, Selasa (13/12/2022).

Tommy mengakui, saat ini transparansi keuangan di KONI menjadi persoalan yang cukup penting. Selama ini, cabor hanya diminta mengajukan anggaran yang dibutuhkan dalam setiap tahunnya.

Namun, ketika hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat turun, pihaknya tidak pernah mengetahui berapa nilai yang diberikan dari unsur eksekutif tersebut.

"Ketika diminta mengajukan anggaran untuk cabor, kami mengajukan. Tapi ketika setiap dapatnya, kami enggak pernah tahu sebetulnya dapat berapa," katanya. 

Selain itu, Tommy pun berharap pengurus KONI berikutnya bisa konsisten dan patuh terhadap aturan terutama terkait pertandingan.

"Di Porda (Jawa Barat) kemarin, kok bisa ada pemain profesional dan yang tidak masuk babak kualifikasi, bisa ikut bertanding," katanya.

Oleh karena itu, dia berharap Daud terpilih menjadi ketua KONI agar berbagai persoalan tersebut bisa diperbaiki.

"Saya berharap Pak Daud terpilih untuk memperbaiki semua persoalan tadi," katanya. 

Penilaian serupa disampaikan Sekretaris Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Barat, Angga Wardhana.

"Pak Ahmad (ketua KONI Jawa Barat periode 2018-2022) sudah baik. Tapi kami yakin KONI akan lebih baik jika Pak Daud meneruskan kepemimpinan," katanya. 

Selain lebih transparan dan berintegritas, Angga meyakini Daud memiliki komunikasi yang baik dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat selaku sumber utama anggaran dalam pembinaan atlet.

"Pak Daud memiliki komunikasi yang baik, selaras dengan Pak Gubernur. Ini modal kuat, sangat berarti, untuk memimpin KONI ke depan," katanya. 

Tak hanya itu, Angga pun menilai Daud memiliki pengalaman yang mumpuni dalam membina olahraga.

"Sebagai ketua squash, Pak Daud berhasil karena membawa atlet-atlet Jawa Barat berprestasi di tingkat nasional," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut