get app
inews
Aa Read Next : Belanja Sembari Berburu Kuliner Legendaris hingga Kekinian di Pasar Cihapit

5 Tempat Kuliner Legendaris Andalan Warga Ciamis, Dijamin Enak dan Bikin Ngiler

Selasa, 13 Desember 2022 | 16:59 WIB
header img
Sate Etom. (Foto: Instagram @kulinertasik)

CIAMIS, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Bukan hanya destinasi wisatanya saja, liburan akhir tahun di Ciamis juga wajib banget mecicipi beragam kuliner legendarisnya.

Kuliner legendaris di Ciamis ini terkenal karena sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Bahkan, beberapa diantaranya sudah berdiri sejak tahun 1965.

Dan kini, kuliner legendaris ini pun menjadi andalan dan kebanggaan bagi warga Ciamis.

Nah, untuk kalian yang sedang atau berencana liburan akhir tahun di Ciamis, maka cobalah untuk mampir ke salah satu tempat kuliner legendaris berikut ini.

Inilah 5 tempat kuliner legendaris di Ciamis, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kupat Tahu Ocih

Salah satu kuliner legendaris di Ciamis adalah Kupat Tahu Ocih. Berdiri sejak tahun 1970, kuliner satu ini sudah memasuki generasi ketiga. 

Kupat Tahu Ocih menjadi kuliner yang legendaris di Ciamis. Kuliner satu ini berada di Jalan Iwa Kusuma Somantri.

Selain soal rasa, kupat tahun ini juga dibuat dengan cara yang berbeda dan kaya akan rempah-rempah. Olahan kupat tahu ini juga dimasak dengan tungku dan bahan bakar kayu. Sehingga menghasilkan aroma yang menggoda, gurih, nikmat dijamin ketagihan.

2. Burjo Pusaka

Pecinta bubur wajib banget menikmati kuliner legendaris di Ciamis berikut ini yakni Burjo Pusaka. Kuliner satu ini menyediakan bermacam jenis bubur baik bubur ayam maupun kacang ijo dan ketan.

Warga Ciamis sudah pasti mengetahui Burjo Pusaka ini. Sebab, Warung Burjo ini menjadi teman disaat tengah malam kelaparan.

3. Soto Iyun

Selanjutnya ada Soto Iyun. Kuliner legendaris ini berlokasi Jl. Wr. Supratman, Ciamis, Jawa Barat.

Seperti halnya namanya, kuliner ini menyediakan soto yang terbuat dari daging sapi, memiliki cita rasa yang nikmat. Untuk harga per porsinya mulai dari sekitar Rp20 ribuan.

4. Bala-bala Komar

Kemudian, warung bala-bala Komar yang sudah ada sejak tahun 1975. Kuliner satu ini merupakan jajanan yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner malam di wilayah perkotaan Ciamis. Tempatnya berada di Jalan Jendral Sudirman.

Bala-bala Komar buka sekitar pukul 18.00 WIB dan tutup lewat tengah malam. Keunikan dari bala-bala Komar ini yaitu ukurannya yang relatif kecil. Dengan Rp5 ribu bisa mendapat bala-bala atau gorengan sekantong.

Sehingga pembeli dapat menikmati bala-bala atau gorengan lainnya dengan harga yang sangat terjangkau dan membuat perut kenyang.

5. Sate Etom

Nama Sate Etom susah sangat familiar bagi warga Ciamis. Ada sekitar tahun 1965 dan semakin terkenal di era 90-an. Lokasinya di simpang lampu merah Jalan Pemuda Nomor 45 Ciamis.

Sate Etom menyediakan sate sapi, ayam dan kambing. Selain itu, tersedia gulai sapi dan kambing. Buka mulai pukul 09.00 - 21.00 WIB.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut