get app
inews
Aa Read Next : Sayangkan Justin Hubner Tak Dilepas Klub, STY: Timnas Jarang Punya Kesempatan Tiket Olimpiade 

Meski Mampu Tumbangkan Thailand, Posisi Timnas Indonesia di Ranking FIFA Tak Akan Berubah

Rabu, 28 Desember 2022 | 18:19 WIB
header img
Timnas Indonesia. (Foto: Instagram @pssi)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Posisi Timnas Indonesia di Ranking FIFA tidak akan mengalami perubahan sekalipun bisa mengalahkan Timnas Thailand.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand dalam laga ketiga penyisihan Grup A Piala AFF 2022.

Laga antara Timnas Indonesia vs Thailand akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (29/12/2022) besok, pukul 16.30 WIB.

Saat ini, Timnas Indonesia dan Thailand sama-sama mengoleksi enam angka dan menempati posisi satu dan dua setelah menyelesaikan dua pertandingan.

Thailand menempati posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol atas Timnas Indonesia, yakni +9 berbanding +8.

Melihat data yang ada, Timnas Indonesia otomatis lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika menang melawan Thailand. Sementara Thailand, kemenangan atas Timnas Indonesia belum menggaransi mereka ke empat besar.

Penyebabnya karena di matchday pamungkas, Thailand menghadapi Kamboja, tim yang masih berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Dibilang masih berpeluang karena Kamboja diprediksi mengatasi Brunei pada Kamis (29/12/2022), sehingga bakal mengemas enam poin dalam tiga laga.

Karena itu, kemenangan atas Thailand merupakan kewajiban bagi Timnas Indonesia. Selain demi mengunci tiket semifinal Piala AFF 2022, kemenangan juga bakal menambah poin skuad Garuda di ranking FIFA.

Hanya saja, kemenangan atas Thailand tidak akan merubah posisi Timnas Indonesia dari peringkat 151 dunia. Menurut perhitungan laman football-ranking.com, Poin Timnas Indonesia di ranking FIFA saat ini berada di angka 1,037.83.

Jika menang atas Thailand yang kini menempati peringkat 111 dunia, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan 3,14 poin. Hal itu berarti, koleksi poin Timnas Indonesia mencapai 1,040.97. Poin itu masih jauh dari Liberia yang kini menduduki peringkat 150 dunia dengan 1,049.66 angka.

Timnas Indonesia baru bisa menggeser Liberia jika keluar sebagai juara Piala AFF 2022. Jika lolos ke semifinal dan final, setidaknya ada empat laga yang dimanfaatkan skuad Shin Tae-yong untuk menambah pundi-pundi poin.

Jadi, akankah Timnas Indonesia sanggup merebut gelar Piala AFF untuk pertama kalinya sekaligus menggeser Liberia dari peringkat 150 dunia? Menarik untuk dinantikan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut