get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi Jabar dan Semenanjung Izu Jepang Diharapkan Tingkatkan Wisata Geopark Ciletuh

Berlibur Akhir Tahun di Geopark Ciletuh, Coba Jajal 4 Destinasi Menarik Ini

Jum'at, 30 Desember 2022 | 23:45 WIB
header img
Geopark Ciletuh, rekomendasi berlibur di akhir tahun. (Foto: Instagram/@hayukasukabumi)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Satu tempat yang pas untuk mengisi liburan akhir tahun bersama keluarga adalah Geopark Ciletuh. Pasalnya, di Geopark Ciletoh terdapat banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi oleh Anda dan keluarga.

Lokasi Geopark Ciletuh ada di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Geopark Ciletuh juga adalah salah satu warisan dunia yang mana sudah diresmikan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Perlu diketahui, nama Ciletuh berasal dari nama sungai besar yang bermuara di teluk Ciletuh. Teluk tersebut dilingkungi oleh tebing batu yang membentuk tapal kuda dengan puncak tertingginya 360 meter, dan dengan bentangan panjang 12 km serta lebar 7 km.

Sepanjang patahan itu terdapat 8 air terjun. Sedangkan Geopark merupakan kepanjangan dari Geological Park. Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, menjadi Taman Geologi atau Taman Bumi.

Tentunya, keindahan yang ditawarkan Geopark Ciletuh menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Berikut ini empat destinasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur akhir tahun di Geopark Ciletuh:

1. Puncak Darma

Rekomendasi wisata unggulan di Geopark Ciletuh pertama ada Puncak Darma. Tempat tersebut mempunyai ketinggian 230 meter di atas permukaan laut. 

Dari ketinggian, Anda dapat menikmati panorama Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda. Kemudian terdapat juga keindahan pesawahan, tebing-tebing, hingga pantai Geopark Ciletuh juga dapat Anda amati.

Spot terbaik terbaiknya yaitu saat matahari terbenam, lantaran bukit ini menghadap ke barat.

2. Pulau Kunti

Apabila mendengar namanya, yaitu Pulau kunti memang terdengar seram serta penuh misteri. Namun pulau ini sebenarnya mempunyai keindahan yang memesona di sekitarnya.

Pulau Kunti berada di ujung semenanjung area Gunung Badak, kawasan Hutan Suaka Margasatwa Cikepuh atau Cagar Alam Cibanteng. Satu kawasan dengan pesona hamparan keindahan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Sukabumi.

3. Pantai Cimaja

Kawasan Geopark Ciletuh juga mempunyai pantai yang dikenal dengan ombaknya, dan jadi surga bagi para peselancar. Tak jarang wisatawan yang ingin menjajal surfing datang ke pantai yang satu ini.

Lokasi Pantai Cimaja berada di Desa Cimaja, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini merupakan bagian dari rangkaian Pantai Pelabuhan Ratu bersama dengan beberapa pantai selatan lainnya yang ada di Sukabumi.

4. Curug Awang

Terakhir, Anda dapat mengunjungi Curug Awang, di mana mempunyai pemandangan yang sangat indah dan memesona. Terletak di kawasan Geopark Ciletuh, curug atau air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 40 meter dan lebarnya 60 meter.

Menariknya lagi, Curug Awang kerap disebut juga sebagai Niagara Falls-nya Pulau Jawa. Untuk menuju ke sini, Anda bakal melalui jalanan Geopark Ciletuh yang beraspal serta mulus. Tetapi ketika memasuki area Curug Awang, jalanan yang ditemui akan penuh dengan tantangan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut