get app
inews
Aa Read Next : Stefano Beltrame Temukan Posisi Alami Bersama Persib, Senang Cetak Banyak Gol

Apes! Gegara Pengurangan 15 Poin, Juventus Terlempar dari Zona Liga Champions

Sabtu, 21 Januari 2023 | 06:37 WIB
header img
Juventus. (Foto: Pixabay)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Salah satu klub raksasa Italia, Juventus harus menerima kenyataan pahit setelah menerima hukuman pengurungan 15 poin dalam klasemen Serie A musim 2022/2023.

Berdasarkan laporan Mirror, pengurangan poin itu disebabkan karena Juventus dinyatakan bersalah atas kasus ‘plusvalenza’ atau manipulasi keuangan.

Hal ini pun berlaku setelah Pengadilan Banding Federal menerima permintaan penuntut dari Federasi Sepakbola Italia (FIGC) untuk membuka kembali persidangan olahraga melawan Juventus.

Bukan hanya bagi klub, hukuman juga menimpa para petinggi klub yang terlibat dalam kasus tersebut.

Andrea Agnelli selaku mantan presiden Juventus, dijatuhi sanksi selama dua tahun tidak boleh terlibat dalam dunia sepak bola. Nasib serupa juga dialami Fabio Paratici yang saat ini menjabat sebagai Direktur Olahraga Tottenham Hotspur, yang dikenakan sanksi dua setengah tahun.

Selain Andrea Agnelli dan Fabio Paratici, nama Pavel Nedved dan Federico Cherubini juga ikut terseret. Kedunya dikenai sanksi 16 bulan tidak boleh terlibat di sepak bola. Namun, sampai saat ini, sanksi tersebut hanya berlaku untuk sepak bola Italia.

Seakan belum puas, FIGC pun telah meminta agar sanksi tersebut diperluas ke kompetisi UEFA dan FIFA. Jika permintaan itu dikabulkan, maka Tottenham Hotspur harus putar otak karena nama Fabio Paratici ikut terseret.

Sebagai informasi, Juventus bukan satu-satunya tim yang diselidiki. Sedikitnya, terdapat delepan klub yang diperiksa terkait kasus serupa.

Mereka adalah Sampdoria, Pro Vercelli, Genoa, Parma, Pisa, Empoli, Novara dan Pescara juga ikut diselidiki tetapi semua klub telah dibebaskan dari hukuman.

Sementara itu, Juventus kabarnya masih bisa mengajukan banding. Si Nyonya Tua (julukan Juventus) bisa mengajukan bandingnya itu ke CONI Guarantee College.

Akibat pengurangan 15 poin ini, Juventus dipastikan terlempar dari zona Liga Champions 2023-2024. Padahal sebelumnya, Juventus berada di urutan tiga dengan koleksi 37 poin,

Kini, tim asuhan Massimiliano Allegri itu menghuni peringkat 10 dengan koleksi 22 poin pada papan klasemen sementara Serie A 2022/2023.

Juventus kini terpaut 12 angka dari Lazio di posisi empat klasemen Serie A 2022-2023, atau batas akhir tim yang lolos ke Liga Champions 2023-2024.

Jadi, akankah Juventus finis di posisi empat besar di akhir musim nanti?

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut