get app
inews
Aa Read Next : Cocokologi Angka Keramat ‘4’ oleh Bobotoh pada Nasib Persib Bandung

3 Fakta Menarik Luis Milla Jika Berhasil Bawa Persib Bandung Juara Liga 1

Minggu, 29 Januari 2023 | 09:42 WIB
header img
Luis Milla. (Persib.co.id/Amandeep Rohimah)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Terdapat tiga fakta menarik tentang Luis Milla jika berhasil membawa Persib Bandung sebagai juara Liga 1 musim 2022/2023.

Seperti diketahui, saat ini Persib Bandung berada di puncak klasemen sementara Liga 1 musim 2022/2023 hingga pekan ke-20. Pangeran Biru (julukan Persib Bandung) mengantongi 39 poin dengan menyisakan 1 laga tunda kontra Bhayangkara FC.

Diperingkat kedua ada Persija Jakarta dengan torehan 38 poin dari 20 pertandingan yang telah dijalani. Perolehan tersebut sama dengan yang diraih PSM Makassar yang berada diperingkat ketiga.

Sementara diposisi keempat ada Madura United dengan 37 poin dan Bali United diposisi kelima dengan 36 poin. Keduanya sama-sama telah melakoni 20 pertandingan.

Berdasarkan statistik tersebut, tim asuhan Luis Milla memiliki kans untuk meraih gelar juara Liga 1 musim ini.

Jika hal itu terwujud, maka terdapat 3 fakta menarik tentang Luis Milla jika Persib Bandung meraih titel juara kasta tertinggi sepakbola Indonesia tersebut.

Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Luis Milla Pelatih Asing Pertama yang Bawa Persib Bandung Juara

Persib Bandung merupakan salah satu tim yang berprestasi dalam kancah sepakbola Indonesia. Begitu banyak gelar yang telah diraih Maung Bandung sejak berdiri pada 1933 silam.

Meski demikian, belum ada pelatih asing yang pernah mengantarkan Persib Bandung meraih gelar juara di kancah sepakbola Indonesia. Jika berhasil memastikan diri sebagai kampiun di musim ini, maka Luis Milla akan mencatatkan sejarah sebagai pelatih asing pertama yang membawa Maung Bandung menjadi jawara di kasta tertinggi sepakbola Tanah Air.

2. Edisi Pertama Juara dengan Format Kompetisi Penuh

Fakta berikutnya adalah edisi pertama Persib Bandung juara dengan format kompetisi penuh. Sebelumnya, Persib Bandung berhasil menjadi juara pada saat kompetisi sepakbola Indonesia masih menggunakan format dua wilayah yakni barat dan timur.

Kini, Liga 1 menggunakan format kompetisi penuh. Yang mana, format kompetisi penuh itu menerapkan satu wilayah saja. Jika berhasil menjadi juara di musim ini, maka Persib Bandung akan mencatatkan sejarah menjadi kampiun di kasta tertinggi sepakbola Indonesia dengan menggunakan format kompetisi penuh.

3. Juara Saat Ada Pergantian Pelatih

Seperti diketahui, Persib Bandung di Liga 1 2022-2023 sempat diasuh oleh Robert Albert pada awal musim. Sayangnya, Maung Bandung asuhan Robert Albert terseok-seok dengan hanya mengemas satu angka dari tiga pertandingan awal.

Alhasil, Persib Bandung pun bertengger di urutan ke-17 Liga 1 2022-2023 hingga akhirnya Robert Albert mengundurkan diri dan digantikan Budiman Yusuf sebagai caretaker. Luis Milla pun ditunjuk sebagai pelatih baru pada pekan kedelapan Liga 1 2022-2023.

Hasilnya? Persib Bandung sukses meraih 12 laga tak terkalahkan dengan catatan 10 kemenangan dan dua hasil imbang.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut