get app
inews
Aa Read Next : Simak Tata Cara Sholat Idul Fitri, Lengkap dengan Bacaan Niat untuk Imam, Makmun dan Sendiri

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Februari 2023, Lengkap Bacaan Niat dan Keutamaan

Minggu, 29 Januari 2023 | 20:28 WIB
header img
Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Februari 2023. (Foto: Ilustrasi/net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Simak berikut ini jadwal puasa Ayyamul Bidh di bulan Februari 2023 ini.

Puasa Ayyamul Bidh adalah amalan puasa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim setiap bulannya. Rasulullah SAW juga mengamalkan puasa Ayyamul Bidh ini juga semasa hidupnya.

Karena itu, sebagai muslim yang taat akan anjurannya, sebaiknya umat Islam mengikutinya. Ayyamul Bidh artinya hari-hari putih.

Adapun waktu dikerjakannya puasa Ayyamul Bidh adalah setiap tanggal 13, 14, dan 15 di bulan qomariyah atau bulan berdasarkan kalender Hijriyah.

Dalil disunnahkannya puasa Ayyamul Bidh ini tertuang dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi dan Imam Nasai, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

“Hai Abu Dzar, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR Tirmidzi dan an Nasai).

Imam Bukhari menulis sebuah bab di dalam Kitab Shahihnya dengan judul: “puasa hari-hari bidh (hari putih/purnama)”, hari ke 13, 14 dan 15).

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Februari 2023 Sesuai kalender Hijriyah, Puasa Ayyamul Bidh Februari 2023 bertepatan Bulan Rajab 1444 H dimulai tanggal 4, 5, 6 Februrai 2023 yakni Sabtu, Minggu Senin. 

1. Puasa Ayyamul Bidh hari pertama 13 Rajab, hari Sabtu 4 Februari 2023.

2. Puasa Ayyamul Bidh hari kedua 14 Rajab, hari Minggu 5 Februari 2023.

3. Puasa Ayyamul Bidh hari ketiga 15 Rajab, hari Senin, 6 Februari 2023.

Sebelum melaksanakan puasa sunnah ini, Muslim perlu mengetahui bacaan niatnya.

Niat Puasa Ayyamul Bidh

نويت صوم غد ايام البيض سنة لله تعالى

Latin: Nawaitu Shauma Ghadin Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya : Saya niat berpuasa besok pada hari-hari putih sunnah karena Allah Ta'ala.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh bagi Muslim yang menjalankannya sangat banyak. Karena itu, Muslim dianjurkan untuk tidak menyia-nyiakan menjalankan puasa sunah yang dilakukan tiga hari dalam tiap pertengahan bulan.

1. Seperti Puasa Sepanjang Tahun

Menjalankan ibadah puasa sunnah Ayyamul Bidh seperti berpuasa selama setahun.

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari).

2. Tiket Surga Ar Rayan

Ahli puasa akan mendapatkan pintu khusus untuk masuk surga saat di akhirat nanti. Ahli puasa akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan, termasuk orang yang melakukan puasa Ayyamul Bidh.

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi. (HR Bukhori dan Muslim).

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut