get app
inews
Aa Read Next : Perguruan Tinggi Swasta di Bandung Diminta Kembalikan Dana KIP Kuliah Rp4,9 Miliar

Bandung Hujan, Ini 7 Minuman Hangat Cocok Diseruput saat Cuaca Dingin

Minggu, 12 Februari 2023 | 08:43 WIB
header img
Ilustrasi minuman hangat. (Foto: Pixabay)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Saat ini, cuaca di Kota Bandung tengah diguyur hujan sejak dini hari tadi, Minggu (12/2/2023).

Dikutip dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah di Kota Bandung diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Udara terasa dingin dengan suhu mencapai 18 derajat celcius dan kelembaban udara 95 persen tanpa disertai hembusan angin.

Pada pagi hari, hujan dengan intensitas ringan masih mengguyur sejumlah wilayah Kota Bandung. Udara masih terasa dingin dengan suhu mencapai 20 derajat celcius dan kelembaban udara 95 persen.

Menjelang siang, BMKG memprakirakan dibeberapa wilayah Kota Bandung masih akan diguyur hujan dengan intensitas sedang. Udara terasa dingin dengan suhu mencapai 22 derajat celcius dan kelembaban udara 90 persen.

Di cuaca dingin seperti sekarang ini, minuman hangat cocok dinikmati untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat. Terdapat beragam jenis minuman hangat yang bisa Anda pilih.

Apa saja? Berikut ini 7 minuman hangat cocok diseruput saat cuaca dingin, dilansir dari berbagai sumber:

1. Bandrek

Minuman hangat khas indonesia pertama yang bisa Anda coba adalah Bandrek. Minuman yang satu merupakan minuman tradisional masyarakat Betawi dan Sunda.

Bandrek sendiri terbuat dari rempah-rempah yang disajikan dalam keadaan hangat. Selain untuk menghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin, Bandrek juga memiliki beberapa khasiat seperti untuk meringankan sakit tenggorokan dan batuk.

2. Bajigur

Bajigur yang menjadi minuman hangat khas indonesia yang bisa Anda coba saat cuaca hujan seperti sekarang ini. Minuman tradisional ini memiliki cita rasa manis dan hangat.

Di daerah asalnya Jawa Barat, minuman yang satu ini juga sering dikonsumsi dengan klepon, ubi rebung hingga kacang rebus. Minuman hangat khas Indonesia ini juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan seperti untuk demam dan meredakan sakit perut.

2. Wedang Ronde

Wedang Ronde bisa menjadi penghangat untuk Anda saat musim penghujan seperti sekarang ini. Campuran wedang ronde ini terdiri dari gula, rebusan air jahe, serai dan pandan.

Uniknya lagi hidangan wedang ronde ini dihidangkan dengan bola-bola ubi dan tepung ketan serta kacang yang disangrai. Jadi, selain Anda akan merasa hangat, minuman ini juga bisa mengganjal sedikit perut Anda saat sedang lapar.

3. Wedang Uwuh

Minuman hangat khas tradisional yang bisa Anda coba selanjutnya yaitu Wedang Uwuh. Minuman tradisional satu ini memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan.

Minuman ini dibuat dari beberapa rempah-rempah seperti air jahe, kayu secang, cengkeh yang terdiri dari batang, bunga hingga daunnya, lalu kayu manis, pala dan daunnya, serta akar daun serai dan perasa manis yang berasal dari gula merah.

4. Teh Talua

Minuman tradisional yang satu ini memiliki campuran yang sangat unik karena ada tambahan telur di dalamnya. Proses pembuatan dari teh talua ini cukup unik karena meski menggunakan telur mentah, dalam pembuatannya telur bisa berubah menjadi matang karena ditambahkan teh panas.

Campuran tersebut kemudian di tambahkan susu kental manis. Agar tidak enek, minuman ini juga ditambahkan perasan jeruk nipis agar terasa segar. Orang minang percaya kalau Teh Talua ini bisa menambah stamina dan menyembuhkan beberapa penyakit.

5. Kembang Tahu

Kembang Tahu sendiri merupakan minuman tradisional berasal dari Betawi yang terbuat dari endapan kedelai yang kemudian disajikan dengan air jahe serta gula aren dan daun pandan.

Minuman ini juga dipercaya untuk menghilangkan masuk angin dan melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat yang berasal dari endapan kedelai.

6. Sekoteng

Minuman yang satu ini tidak hanya bisa menghangatkan tubuh tetapi juga mengenyangkan perut karena terdiri dari banyak isian. Kuah sekoteng sendiri terbuat dari campuran jahe dan gula merah yang direbus.

Sedangkan, untuk isiannya sendiri terdapat beberapa buah-buahan seperti biji teratai, kacang amandeh, kelengkeng hingga buah jail. Tidak jarang campuran sekoteng juga ditambahkan dengan potongan roti, mutiara, kacang hijau dan kacang tanah.

7. Sarabba

Minuman tradisional ini menjadi salah satu minuman yang dipercaya bisa memulihkan stamina saat musim penghujan seperti sekarang ini. Campuran dari Sarabba ini terdiri dari kuning telur, jahe, gula aren, santan dan merica bubuk.

Minuman Sarabba ini juga dipercaya bisa untuk memulihkan kondisi tubuh dari flu serta menghangatkan tubuh saat musim hujan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut