get app
inews
Aa Read Next : Bebas Kendaraan Setiap Akhir Pekan, Ini Dia Tiga Spot Tempat Wisata di Braga

Libur Panjang, Inilah 7 Tempat Wisata Keren di Jatinangor

Sabtu, 03 Juni 2023 | 10:55 WIB
header img
Jans Park (Jatinangor National Park), salah satu tempat wisata di Jatinganor. Foto: Instagram/@janspark.official

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Jawa Barat tak dipungkiri memiliki segudang tempat wisata menarik. Satu di antara sekian banyak wilayah yang memiliki destinasi wisata adalah Jatinangor.

Wisatawan akan disuguhkan beragam pilihan tempat wisata di Jatinangor. Terlebih ketika membawa keluarga, tidak perlu khawatir mengingat ada tempat wisata yang cocok di akhir pekan ini.

Maka dari itu, Jatinangor bukan pilihan buruk untuk menyingkir sejenak dari aktivitas yang melelahkan. Apalagi Anda ingin menghibur si kecil ke tempat liburan.

Berikut 7 tempat wisata terbaik yang ada di Jatinangor:

1. Jans Park (Jatinangor National Park)

Jatinangor National Park alias Jans Park menyuguhkan aneka ragam wahana bermain. Untuk si kecil, orangtua bisa mengajak mereka ke istana balon, bom-bomba car, sampai uniknya wisatawan bisa berkeliling dengan delman yang dikendarai replika dinosaurus.

Bagi wisatawan lebih dewasa, wahana komidi putar, trampoline, ontang anting hingga mini golf sepertinya menarik untuk dijajal.

Wahana yang terletak di Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, ini harga tiketnya mulai dari Rp 30.000, tergantung dari wahana yang dinaiki.

2. Batu Kuda

Kawasan wisata Batu Kuda menarik perhatian wisatawan karena hamparan hutan pinusnya. Kesan tenang sekaligus romantis terasa jelas ketika berada di tengah-tengah pepohonan.

Ditambah lagi sejumlah aktivitas seru dapat dilakukan bersama rekan-rekan seperti santai di atas hammock, camping, hiking maupun hunting foto.

Apabila terkenal dengan hutan pinusnya, kenapa dinamakan batu kuda? penamaan ini tidak lain lantaran ada batu besar yang dipercaya sebagai jelmaan kuda tunggang milik Prabu Layang Kusuma.

Wisata Jatinangor satu ini lokasinya berada di Kampung Cikoneng, Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung dan harga tiketnya cukup murah yaitu mulai dari 10.000 saja.

3. Tangga Seribu Manglayang

Beralih ke Tangga Seribu Manglayang, wisata Jatinangor ini terletak di Desa Cibiru Wetan, Cileunyi, Kabupaten Bandung. Ya, tempatnya memang tidak jauh dari kawasan wisata Batu Kuda.

Pengunjung rela menyusuri anak tangga demi bisa sampai di puncak serta melihat hamparan pemandangan yang menakjubkan.

Tidak perlu patah semangat dulu, selama menyusuri tangga Anda tidak akan merasa begitu lelah lantaran hijaunya sawah maupun perkebunan siap memanjakan mata.

Tangga Seribu Manglayang dapat dikunjungi setiap hari dari pukul 06.00-18.00 dan harga tiketnya sangat murah yakni mulai Rp3.500 saja.

4. Gunung Batu

Wisata Gunung Batu bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dari Jatinangor. Walaupun tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana, setidaknya pengunjung bakal puas menikmati panorama alam dari atas gunung yang mempunyai trek berbatu ini.

Sebelum sampai ke puncak, Anda perlu berjalan sekitar 15 menit dari area parkiran. Kendati demikian, keindahan alam termasuk pula penampakan Gunung Malayang dari atas bakal menghilangkan rasa lelah dalam sekejap mata.

5. Jembatan Cincin

Jembatan Cincin dapat jadi pilihan wisata murah meriah saat mengunjungi Jatinangor. Mempunyai panjang 40 meter dan membentang di belakang Universitas Padjadjaran (Unpad), visual jembatan ini memang terlihat seperti separuh cincin.

Fakta sejarah di balik Jembatan Cincin itu pun menarik untuk dipahami. Jembatan yang telah dibangun sejak 1918 silam oleh Staatsspoorwegen semula bakal dipergunakan untuk jalur kereta api rute Rancaekek-Jatinangor-Tanjungsari-Citali.

Kereta itu diperuntukan untuk mengangkut harus perkebunan teh dan karet. Sayangnya, lantaran masalah keuangan, pembangunan harus terhenti.

6. Kiarapayung Camp

Si hobi berkemah, coba sambangi wisata Jatinangor bernama Kiarapayung Camp. Dijamin Anda akan mendapat pengalaman kemah tak terlupakan.

Jelas saja, penampaknya pesona Gunung Geulis siap memikat mata para pengunjung yang datang berkunjung.

Kemudian, apabila bosan hanya duduk menikmati alam sekitar dari halaman tenda, Anda bisa juga mencoba wahana seru antara lain flying fox, ayunan pohon sampai outbond.

Tertarik menjadikan Kiarapayung Camp sebagai tujuan berlibur di libur panjang kali ini? Lokasinya berada di Cikeuyeup Girang, Cilayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

7. Menara Loji

Wisata Jatinangor tidak melulu berkaitan dengan alam, ada pula wisata sejarah seperti Menara Loji. Menara klasik serta terkenal kuno ini rupanya saksi dari sejarah perkebunan karet dan teh.

Dahulu kala, tepatnya masa penjajahan Belanda, Menara berfungsi sebagai penanda waktu bekerja. Hal itu dikarenakan ada jam dinding di dalamnya yang bisa berbunyi saat waktu bekerja para pekerja perkebunan teh tiba.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut