get app
inews
Aa Read Next : SMAN 2 Cimahi Antisipasi Munculnya Bullying ke Siswa Baru Selama MPLS

Keren, Dua Siswa SMAN 2 Cimahi Jadi Wakil Jabar ke OSN Tingkat Nasional

Kamis, 13 Juli 2023 | 18:31 WIB
header img
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 2 Cimahi Uus Suhara mendampingi dua muridnya yang sedang persiapan untuk tampil pada OSN tingkat nasional yang akan digelar di Bogor 27 Agustus 2023. Foto/Inews Bandung Raya

CIMAHI,INEWSBANDUNGRAYA.ID - Dua siswa dari SMA Negeri 2 Cimahi berhasil tampil mewakili Jawa Barat dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan digelar di Bogor pada 27 Agustus sampai 2 September 2023 mendatang. Kedua siswa tersebut adalah Yossie Candra L yang akan tampil dalam mata pelajaran astronomi dan Lorenzo Sudarsono di mata pelajaran Biologi.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 2 Cimahi Uus Suhara mengatakan, prestasi yang diraih dua siswa dari sekolahnya pada OSN tahun 2023 ini cukup membanggakan. Pasalnya dari sekian banyak yang diseleksi mereka yang berhasil terpilih ke tingkat nasional.

"Di wilayah Kantor Cabang Dinas (KCD) VII yang membawahi SMA negeri Kota Bandung dan Cimahi, hanya siswa dari SMAN 2 Cimahi yang terpilih ke OSN tingkat nasional di Bogor," ucapnya saat ditemui di SMAN 2 Cimahi, Rabu (12/7/2023).

Menurutnya ada 27 SMA negeri di Kota Bandung dan 6 SMA negeri di Cimahi yang siswanya mengikuti seleksi di tingkat provinsi. Total dari Cimahi ada 15 siswa yang bersaing, masing-masing tujuh dari SMAN 2 Cimahi, tiga dari SMAN 1 Cimahi, dua dari SMAN 3 Cimahi, lalu SMAN 5 Cimahi dan SMAN 6 Cimahi masing-masing diwakili satu siswa.

Untuk tujuh siswa dari SMAN 2 Cimahi yang berhasil lolos hanya dua, yakni Yossie Candra L dan Lorenzo Sudarsono. Mereka sekaligus menjadi perwakilan dari KCD VII yang berhasil menjadi juara di tingkat provinsi sehingga otomatis menjadi perwakilan Jawa Barat untuk maju ke tingkat nasional pada ajang OSN tahun 2023.

"Keikutsertaan siswa SMAN 2 Cimahi di OSN untuk mata pelajaran Biologi adalah yang ketiga kali, setelah sebelumnya di Semarang dan Palembang. Kalau untuk mata pelajaran Astronomi adalah yang kedua kali," sebutnya.

Diakuinya persaingan OSN di tingkat nasional akan semakin berat karena saingannya dari seluruh Indonesia, baik dari sekolah negeri maupun swasta. Namun pihaknya akan memanfaatkan sumber daya dan potensi yang ada agar bisa memberikan yang terbaik dengan meraih medali bagi Cimahi dan Jawa Barat.

"Kami terus melakukan pemantapan kedua siswa dengan memanfaatkan guru yang sudah berpengalaman dalam OSN dan juga alumni yang belajar di perguruan tinggi favorit seperti ITB dan Unpad. Nantinya juga ada pelatihan dari provinsi dan lembaga kemitraan untuk pemantapan, semoga saja waktunya tidak bentrok," tuturnya.

Yossie Candra L yang akan tampil dalam mata pelajaran astronomi mengaku senang dan tidak menyangka bisa lolos ke OSN tingkat nasional. Apalagi persaingan di tingkat Kota Cimahi hingga Provinsi sangat ketat untuk bisa lolos ke nasional. Ini adalah penampilannya yang kedua di ajang OSN setelah tahun lalu gagal meraih medali.

"Persiapan saya lakukan sejak awal tahun ini, karena memang saya suka astronomi sejak SD. Semoga saja tahun ini bisa meraih medali," kata pelajar Kelas XI IPA 3 ini.

Sementara Lorenzo Sudarsono mengaku, keikutsertaannya dalam OSN mata pelajaran Biologi tahun ini adalah untuk yang pertama kali. Sebagai persiapan dirinya kini terus mencari berbagai literasi dari buku dan juga internet. Itu jadi tantangan tersendiri karena soal-soal dalam OSN berbeda dari soal ujian di sekolah. "Meski baru pertama kali tampil, saya berharap bisa bersaing dengan peserta lain dan meraih medali," kata Lorenzo yang bercita-cita kuliah di jurusan kedokteran. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut