get app
inews
Aa Read Next : 4 Spot Wisata Kuliner Malam di Bandung, Banyak Pilihan Makanan!

5 Rekomendasi Kuliner yang Wajib Dicoba Saat di Majalengka, Rasanya Maknyos!

Selasa, 01 Agustus 2023 | 14:41 WIB
header img
Jalakotek (Foto: cookpad)

MAJALENGKA, iNewsBandungRaya.id - Liburan di Majalengka kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi sajian kuliner khas Kota Angin ini.

Setelah puas mengunjungi tempat wisata, saatnya Anda bersama keluarga atau pasangan tancap gas berburu wisata kuliner enak yang ada di Majalengka.

Terdapat beragam kuliner khas Majalengka yang bisa Anda coba. Jika bingung, berikut ini 5 rekomendasi kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Majalengka, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jalakotek

Jalakotek merupakan salah satu kuliner khas Majalengka yang memiliki cita rasa yang unik. Bentuknya hamper mirip seperti pastel, namun bedanya dibuat menggunakan tepung tapioca/aci. Isian dari jalakotek ini beragam, ada yang isian tahu, ayam, serta bumbu pecel.

Jalakotek sangat nikmat disantap saat baru diangkat dari penggorengan. Untuk menikmatinya cukup ditaburkan bumbu kering asin dan pedas, ada pula yang memilih memakai sambel hijau supaya lebih mantap.

Makanan ini awalnya dipopulerkan oleh Maja, yakni salah satu daerah di Majalengka. Saat kamu ke Majalengka, kamu dapat menemukan banyak jalakotek dijual dipinggir jalan menggunakan gerobak.

2. Nasi Lengko Ceu Kenti

Nasi Lengko merupakan kuliner yang sangat terkenal dan digemari di Majalengka dari segala kalangan. Nasi lengko ini merupakan campuran dari nasi dan beberapa lauk yang sangat kaya akan gizi.

Makanan berat ini berisikan beberapa bahan, seperti tempe, tauge, tahu, timun, bawang goreng, daun bawang, telor, dan lauk tambahan yang kamu inginkan.

Uniknya nasi lengko ceu kenti dari nasi lengko pada umunya ialah bumbu. Yup, nasi lengko yang biasanya disiram saus kacang tidak berlaku pada Ceu Kenti. Ceu Kenti hanya menggunakan kecap asli Majalengka sebagai bumbu pelengkapnya.

Namun itu lah keunikan dan kenikmatannya yang menggoyangkan lidah. Biasanya, nasi lengko Ceu Kenti ini menjadi jalan ninja bagi para pekerja pada saat jam istirahat makan siang.

Selain harganya yang terjangkau dan rasanya yang lezat, porsinya yang berlimpah mampu mengenyangkan perut lebih lama.

3. Gedong Gincu Majalengka

Mangga gedong gincu sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat. Siapa sangka, Majalengka memiliki sentral penghasil gedong gincu yang sangat manis dan subur, yakni bertemoat di Kadipaten, Panyingkiran, Ligung, dan Jatitujuh.

Warnanya yang kuning ke orenan memang menggugah selera bagi siapapun yang melihatnya. Rasa manis dan segar mampu membuat siapapun ketagihan.

Saat berkunjung ke Majalengka, kamu dapat menemukan manga gedong gincu ini dengan mudah karena sudah banyak dijual di pinggiran jalan.

Selain itu, di Majalengka tersedia jug olahan-olahan kue yang terbuat dari mangga gedong gincu. Salah satu yang terkenal ialah bolu gedong gincu. Kamu dapat menemukan di pusat toko oleh-oleh Majalengka.

4. Surabi Oncon

Mungkin Surabi bukanlah kuliner yang asing karena di beberapa daerah menyediakan makanan yang berbentuk bulat ini. Namun, tentu saja tiap surabi di beberapa daerah memiliki keunikannya tersendiri karena dicampur dengan beraneka ragam makanan.

Di Majalengka sendiri, surabi memiliki ciri khas yakni dicampur dengan oncom sebagai bahan utamanya. Perpaduan oncom dan cabe rawit mampu menggoyangkan lidah dah membuat perut kenyang.

Makanan satu ini sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan, apalagi dibarengi dengan teh hangat.

5. Tutut

Tutut merupakan jenis keong yang memiliki ukuran kecil. Makanan ini bisa disajikan dengan nasi panas atau hanya sekedar untuk cemilan. Tentu saja masyarakat pada umumnya sudah mengetahui makanan satu ini karena dapat ditemui di berbagai daerah.

Namun, di Majalengka sendiri tutut memiliki ciri khas sendiri dalam proses masaknya. Bumbu yang disajikan memiliki cita rasa tersendiri yang berbeda dari tutut-tutut di daerah lain.

Tutut ini merupakan salah satu makanan yang banyak diburu oleh wisatawan jika berkunjung ke Majalengka.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut