get app
inews
Aa Read Next : 4 Spot Wisata Kuliner Malam di Bandung, Banyak Pilihan Makanan!

10 Kuliner Khas Ciamis yang Wajib Dicoba Wisatawan, Bisa buat Oleh-Oleh

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 07:56 WIB
header img
Galendo. (Foto: dispar.ciamiskab.go.id)

CIAMIS, iNewsBandungRaya.id - Ciamis merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki segudang tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Selain tempat wisata, Ciamis juga mempunyai beragam wisata kuliner khas yang wajib banget dicicipi oleh wisatawan. Mulai dari makanan berat hingga camilan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Jika Anda berkunjung ke Ciamis, berikut ini 10 rekomendasi kuliner khas Ciamis yang wajib dicoba, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gula Kelapa

Gula aren terbuat dari cairan nira yang disadap dari pohon aren. Cairan nira ini dimasak sampai membentuk bubur gula.

Bubur gula ini nantinya dicetak menggunakan batok kelapa. Sebetulnya banyak tempat lain yang memproduksi gula aren, namun gula aren Ciamis terkenal masih diproses tradisional.

Gula aren menjadi makanan khas Ciamis dan bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga, teman atau kolega.

2. Kicimpring

Makanan khas Ciamis ini merupakan berbentuk cemilan yang disebut kicimpring. Makanan khas Ciamis ini merupakan salah satu cemilan yang cukup terkenal.

Terbuat dari singkong dan berbagai macam rempah, sehingga membuatnya menjadi kaya rasa. Kicimpring ini dijual dalam dua versi yaitu mentah dan matang. Siapa pun bisa menemukan cemilan ini di gerai-gerai atau pasar tradisional di Ciamis.

3. Surabi

Surabi atau serabi adalah makanan khas Jawa Barat namun karena populer dan enak, makanan ini telah diserap oleh daerah Ciamis dan dapat kamu temui tersebar di berbagai tempat di kabupaten ini.

Pada awalnya surabi dihidangkan dengan rasa manis menggunakan bahan kinca maupun dengan campuran oncom. Akan tetapi, makanan ini telah banyak versi rasa dengan toping–toping unik.

Toping dan rasa modern yang bisa kamu temui di Ciamis contohnya serabi sosis, serabi durian, serabi keju, serabi abon dan masih banyak lagi.

4. Saroja

Makanan khas Ciamis lainnya, yakni Saroja. Begitu melihat bentuknya orang pasti sudah bisa menyebutkan namanya.

Ya disebut saroja karena memang mirip bunga saroja. Bahan utama pembuatannya yaitu tepung terigu, telur dan gula yang kemudian digoreng dengan cetakan berbentuk bunga.

5. Cocorot

Di Ciamis ada makanan yang disebut cocorot. Makanan khas Ciamis ini memiliki penampakan yang pula. Kuliner satu ini terbuat dari tepung beras dan gula merah. Hasil akhirnya mirip seperti dodol.

Uniknya, pembungkus cocorot adalah janur atau daun kelapa yang masih muda dan berbentuk terompet. Oleh-oleh Ciamis ini dapat ditemukan di semua toko oleh-oleh Ciamis dan pasar-pasar tradisional yang menjual oleh-oleh.

6. Galendo

Galendo dengan varian baru sebagai makanan khas Ciamis. Galendo makanan khas Ciamis yang terbuat dari sari pati kelapa (santan kelapa) yang diolah untuk dengan cara direbus sampai terbentuk minyak.

Minyak yang muncul adalah minyak kelapa, sedangkan endapan atau ampas di bawahnya disebut galendo. Endapan ini berupa serbuk yang terkadang masih mengandung minyak.

Galendo basah tadi dipres agar sisa-sisa minyak keluar serta memadatkannya. Setelah itu, galendo akan dikeringkan dan siap dipotong untuk disajikan ataupun dikemas untuk buah tangan.

Saat ini galendo disajikan dengan beberapa variasi rasa, mulai dari original, lemon, apel, strawberry, coklat dan susu. Sebetulnya beberapa tempat memberikan pilihan rasa lebih, tapi pilihan rasa tadi adalah rasa yang umum dan populer dijual.

7. Sale Pisang

Makanan khas Ciamis selanjutnya berbentuk seperti keripik panjang terbuat dari buah pisang. Makanan ini cukup populer dan banyak luar negeri.

Bahkan pada era 209, sale pisang ini menembus pasar internasional. Sale pisang dengan kualitas ekspor inilah banyak dinikmati dan dicari sebagai oleh–oleh.

8. Mi Golosor

Mie golosor menjadi salah satu makanan khas Ciamis. Mi golosor artinya mi yang mudah untuk diseruput, terkesan licin di lidah dan saat ditelan terasa nikmat.

Mi golosor menjadi salah satu makanan khas Ciamis, meski di daerah lain pun banyak dijumpai makanan sejenis. Mi ini warnya kuning berukuran besar jika dibandingkan dengan ukuran mie biasa.

Warna dan kesan licin dari mi ini muncul karena bahan dasarnya yaitu tepung kanji. Banyak orang bilang bahwa mi golosor ini bentuknya mirip gabungan dari potongan panjang rumput laut dengan pasta spaghetti.

Mie golosor bisa disajikan ala mi goreng ataupun ala mi kuah. Namun mi golosor yang terkenal di Ciamis adalah mie golosor yang disajikan sebagai mi bakso.

9. Dendeng Sapi

Dendeng sapi menjadi salah satu makanan andalan khas Ciamis. Makan khas Ciamis selanjutnya berupa olahan daging sapi.

Makanan ini biasa dihidangkan untuk acara–acara special seperti syukuran. Dendeng biasanya berbetuk daging sapi yang dipotong tipis–tipis, dibumbui dengan rempah lalu dikeringkan.

Daging dendeng dalam bentuk kering ini dapat bertahan lama walau tidak disimpan di kulkas. Daging dendeng ini dapat diolah dengan banyak cara sebelum di santap, misal digoreng ataupun dibakar.

Dendeng juga bisa dipotong–potong untuk dijadikan bahan masakan. Dendeng sangat nikmat disantap bersama dengan nasi putih hangat.

10. Abon Sapi

Makanan khas Ciamis ini juga terbuat dari daging sapi yang disuwir–suwir sampai lembut dan dicampur dengan rempah–rempah. Abon sapi khas Ciamis terkenal lebih lembut dan memilki bumbu yang lebih terasa.

Biasanya menjadi lauk favorite bagi para warga Ciamis. Abon memilki umur yang panjang, jadi bagi kamu yang mencari makan yang bisa menjadi lauk dan tahan lama, silakan mencoba abon sapi Ciamis ini.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut