get app
inews
Aa Read Next : Hasil Bola Tadi Malam: Leverkusen Comeback Dramatis atas AS Roma, Atalanta Sikat Marseille

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Prancis Kokoh di Puncak Grup B, Belanda Menang Telak

Jum'at, 08 September 2023 | 06:20 WIB
header img
Timnas Prancis. (Foto: Instagram)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Simak hasil bola tadi malam, Jumat (8/9/2023) dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2024 yang akan dibahas dalam artikel ini.

Terdapat sederet laga menarik diantaranya ada Timnas Prancis yang makin nyaman di puncak Grup B setelah mengalahkan Republik Irlandia.

Kemudian, ada Timnas Belanda yang meraih kemenangan telak saat menghadapi Yunani.

- Timnas Prancis vs Republik Irlandia

Timnas Prancis berhasil mengalahkan Republik Irlandia dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2024. Pada laga yang berlangsung di Parc des Princes, Paris itu, Les Bleus (julukan Timnas Prancis) menang dengan skor 2-0.

Dua gol Timnas Prancis dipersembahkan oleh Aurelien Tchouameni (19') dan Marcus Thuram (48'). Dengan hasil ini, Les Bleus memuncaki klasemen sementara Grup B dengan raihan 15 poin, unggul sembilan poin dari tim peringkat kedua, Belanda.

Jalannya pertandingan, Timnas Prancis langsung berupaya memimpin sejak menit pertama. Sebuah upaya dari Adrien Rabiot dengan menembak dari luar kotak penalti masih bisa dihentikan oleh kiper Gavin Bazunu.

Tuan rumah melanjutkan dominasinya dan sukses membuka skor pada menit ke-19. Aurelien Tchouameni mendapatkan bola dari Kylian Mbappe dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang sukses bersarang di gawang Irlandia.

Pada menit ke-40, Prancis kembali menjaringkan bola ke gawang Irlandia. Namun, VAR mengeceknya dan menganulir gol tersebut. Skor 1-0 pun bertahan hingga jeda turun minum.

Tiga menit setelah babak kedua bergulir, Prancis sukses menggandakan keunggulan. Tendangan Kylian Mbappe diblokir John Egan dan Marcus Thuram memanfaatkan bola muntah untuk mencetak gol.

Wasit sempat mengecek VAR untuk memastikan keabsahan gol tersebut. Namun, tidak ada yang berubah, gol tersebut dinyatakan sah dan Prancis unggul 2-0.

Kylian Mbappe berkesempatan mencetak gol ketiga Prancis pada menit ke-55. Namun, dia membuang kesempatan tersebut karena salah menembak.

Keunggulan dua gol membuat pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, mengubah pendekatannya dalam permainan. Pada menit ke-73, dia memasukkan Kingsley Coman dan William Saliba untuk menggantikan Ousmane Dembele dan Lucas Hernandez.

Taktik bertahan Deschamps pun ampuh. Prancis mampu mempertahankan keunggulan dua golnya dan merebut kemenangan kelima dari lima laga di Grup B kualifikasi Piala Eropa 2024.

- Timnas Belanda vs Yunani

Timnas Belanda sukses meraih kemenangan telak atas Yunani dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2024. Pada pertandingan yang berlangsung di Philips Stadion, Eindhoven tersebut, De Oranje (julukan Timnas Belanda) menang dengan skor 3-0.

Ketiga gol untuk Timnas Belanda dilesakkan pada babak pertama oleh Marten de Roon (17'), Cody Gakpo (31'), dan Wout Weghorst (39'). Dengan hasil ini, mereka berada di peringkat kedua Grup B kualifikasi Piala Eropa 2024 usai meraih enam poin dari tiga laga.

Jalannya pertandingan, kedua tim sama-sama berusaha untuk mengendalikan permainan sejak menit pertama. Namun, Belanda, selaku tuan rumah, sukses mencetak gol lebih dulu.

Marten de Roon sukses membawa tuan rumah unggul lewat golnya pada menit ke-17. Sang gelandang Atalanta melepaskan tembakan ke pojok bawah kiri gawang dari dalam kotak penalti.

Upaya dari Xavi Simons pada menit ke-28 sempat digagalkan oleh Yunani. Namun, Belanda sukses menggandakan skor melalui Cody Gakpo hanya tiga menit berselang, setelah memaksimalkan bola dari Denzel Dumfries.

Belanda mencetak gol ketiganya sebelum jeda turun minum melalui Wout Weghorst. Sang striker menanduk bola dari Dumfries dan mengirimnya ke pojok bawah kanan gawang. Skor 3-0 pun menutup babak pertama.

Keunggulan tiga gol membuat Belanda bermain dengan nyaman. Pelatih Ronald Koeman pun melakukan beberapa pergantian pemain untuk mengistirahatkan para pemain andalan seperti De Roon dan Gakpo.

Koeman memasukkan Tijjani Reijnders dan Noa Lang sebagai pengganti Gakpo dan De Roon. Dengan demikian, Tijjani Reijnders, gelandang keturunan Indonesia, melakoni laga debutnya bersama Timnas Belanda.

Tijjani Reijnders melakukan percobaan menembak dari luar kotak penalti pada menit ke-83. Namun, upayanya masih bisa diselamatkan oleh kiper lawan.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol lagi yang tercipta. Belanda pun menang dan menjaga asa lolos usai mengumpulkan enam poin dari tiga laga.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut