get app
inews
Aa Read Next : Gempa Kabupaten Bandung, BPBD Sumedang Pastikan Wilayahnya Tidak Terdampak

Peternak di Sumedang Kesulitan Cari Rumput saat Musim Kemarau, Ampas Tahu Jadi Solusi

Sabtu, 09 September 2023 | 08:04 WIB
header img
Adang, salah seorang peternak domba asal Bebedahan, Kelurahan Kotakulon Sumedang Selatan. (Foto: sumedangkab.go.id)

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Para peternak di Kabupaten Sumedang mulai merasakan dampak dari musim kemarau. Pasalnya, di musim kemarau panjang ini para peternak kesulitan untuk mencari rumput yang biasa dijadikan pakan ternak.

Adang, salah seorang peternak domba asal Bebedahan, Kelurahan Kotakulon Sumedang Selatan mengaku, jika saat ini rumput sulit didapat.

"Sulit didapat kalaupun ada jumlahnya juga sangat sedikit itupun di dapat dari areal yang memang dipelihara, sementara kalau mencari di tempat umum sangat sulit, karena sekarang ini banyak rumput yang kering," ucap Adang, Jumat (8/9/2023).

Dikatakan Adang, datangnya musim kemarau memang menjadi ujian dan sesuatu yang sulit bagi peternak.

"Disatu sisi saya harus mencari rumput untuk pakan, disisi lain rumput sulit didapat, sementara domba tetap harus makan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Adang mengungkapkan, salah satu cara agar ternak tetap bisa makan untuk saat ini yaitu pakai altetnatif dengan memberi pakan selain rumput.

Pemberian pakan seperti dedak, ampas tahu maupun ongok menjadi salah satu solusi dalam memberikan pakan pada ternak ditengah rumput yang sulit di dapat.

"Memang sih ada tambahan pengeluaran untuk membeli dedak, ampas tahu maupun ongok, namun yang penting ternak tetap bisa makan," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut