get app
inews
Aa Read Next : Gokil, Kunjungan Wisatawan ke Majalengka Naik 300 Persen pada H+4 Lebaran

7 Tempat Wisata Dekat Sirkuit Mandalika yang Wajib Dikunjungi, Jangan Sampai Nyesel!

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 11:30 WIB
header img
Pantai Sari Goang. (Foto: TripAdvisor)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - MotoGP Mandalika 2023 tak lama lagi akan segera bergulir. Edisi kedua MotoGP Mandalika ini digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, pada 13-15 Oktober 2023.

Selain sirkuit berskala internasional sebagai salah satu daya tarik sport tourism, wisata Nusa Tenggara Barat (NTB) juga terkenal akan bentang alam yang sangat indah.

Nusa Tenggara Barat memiliki pantai-pantai yang indah, budaya yang masih terjaga dengan baik, hingga desa wisata yang menyimpan sejuta pesona.

Nah, bagi kalian yang menyaksikan MotoGP Mandalika 2023, kalian juga wajib berkunjung ke tempat wisata sekitar di sekitar Mandalika. 

Apa saja? Berikut ini 7 tempat wisata dekat Sirkuit Mandalika yang wajib dikunjungi, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pantai Kuta Mandalika

Tidak hanya di Bali saja, Mandalika yang berada di wilayah Lombok Barat juga punya Pantai Kuta versinya sendiri. Tempat wisata Mandalika yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Kuta Mandalika.

Lokasinya terletak di Desa Kuta, Pujur, Lombok Tengah. Pantai ini dapat ditempuh lebih kurang 16 menit dari Sirkuit Mandalika menggunakan transportasi mobil atau motor.

Pantai Kuta Mandalika terkenal memiliki laut biru yang luas dengan hamparan pasir putih yang indah. Pantai ini juga dikelilingi oleh perbukitan hijau yang menambah aksen pada pantai.

Nah, jika berkunjung kesini kamu dapat menikmati berbagai wahana air, seperti windsurfing, banana boat, dan paralayang.

2. Bukit Merese

Tempat wisata Mandalika kedua yang wajib kamu kunjungi adalah Bukit Merese. Destinasi wisata ini terletak di Jalan Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Lombok Tengah.

Tempat ini cukup dekat dengan lokasi Sirkuit Mandalika, yaitu hanya perlu berkendara selama lebih kurang sembilan menit untuk sampai ke Bukit Merese. Bukit Merese menyajikan panorama indah yang pasti akan membuat semua orang takjub melihat keindahan alamnya.

Tempat wisata Mandalika ini paling favorit dijadikan tempat untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang dapat dinikmati dengan pemandangan laut yang indah di atas bukit hijau Merese.

3. Pantai Tanjung Aan

Tempat wisata Mandalika yang satu ini disebut sebagai salah satu pantai terindah di Lombok. Tak jauh dari sirkuit Mandalika, kamu dapat melakukan perjalanan menggunakan mobil sekitar tujuh menit untuk sampai ke pantai ini.

Pantai Tanjung Aan berlokasi di Sengkol, Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Memiliki hamparan laut biru yang jernih dengan pasir putih yang bersih.

Jika berkunjung ke tempat wisata Mandalika yang satu ini, kamu dapat melakukan snorkeling, berenang, juga berburu kuliner laut yang lezat di sekitar pantai.

4. Pantai Sari Goang

Ingin merasakan keindahan alam Raja Ampat selagi di Mandalika? Pantai Sari Goang bisa menjadi pilihan tempat wisata Mandalika terbaikmu.

Dijuluki sebagai Raja Ampat-nya Lombok, Pantai Sari Goang menawarkan pemandangan asri dan alami karena masih sedikit dikunjungi wisatawan.

Pantai ini berada di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak, Desa Mertak, Lombok Tengah. Memiliki warna air laut biru kehijauan, dengan hamparan pasir putih kecokelatan.

Selain itu, pada tengah pantai, terdapat pulau kecil berupa batu karang yang berlubang. Inilah yang menjadi ciri khas Pantai Sari Goang.

5. Pantai Penyisok

Mencari hidden gem yang ada di sekitar Mandalika? Coba kunjungi Pantai Penyisok. Pantai ini berlokasi di Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur.

Sering disebut sebagai hidden gem karena pesona alamnya masih belum terjamah. Meski akses menuju pantai ini cukup ekstrem, namun ketika sampai pada lokasi, dijamin kamu tidak akan kecewa karena pemandangan alamnya yang memanjakan mata.

Ketika sampai di Pantai Penyisok kamu akan disuguhkan dengan hamparan air laut pantai jernih yang bisa kamu nikmati dari atas tebing pantai. Tiupan angin sejuk dan suasana alam yang segar pastinya akan me-refresh pikiran dari rutinitas yang padat.

Kamu bisa mencapai Pantai Penyisok menggunakan kendaraan atau berjalan kaki. Namun, disarankan untuk mengunjunginya saat musim panas.

Karena selain pemandangannya lebih indah, akses jalan saat musim panas juga tidak licin sehingga lebih mudah dilalui.

6. Pantai Batu Berang

Tempat wisata Mandalika selanjutnya adalah Pantai Batu Berang. Lokasi pantai ini berada tak jauh dari area Sirkuit Mandalika, yaitu di Serenang, Mertak, Pujut, Lombok Tengah.

Pantai ini dapat ditempuh selama 15 menit perjalanan menggunakan mobil dari Sirkuit Mandala. Kamu dapat menikmati pemandangan hutan bakau di bagian pantai yang dekat dengan muara sungai. Pantai ini juga punya hamparan pasir putih yang bersih.

7. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Tempat wisata Mandalika tidak hanya pantai saja Saat berada di Mandalika, kamu wajib mengunjungi Taman Wisata Alam (TWA) yang satu ini.

TWA seluas 1.200 hektar ini berada di Mertak, Pujut, Lombok Tengah. Kamu juga dapat mengunjungi destinasi wisata yang satu ini jika berencana berkunjung ke Pantai Sari Goang.

Taman Wisata Alam adalah tempat wisata yang sudah resmi dikelola oleh Pemerintah sehingga fasilitas umum, seperti area parkir, toilet, dan mushola sudah lengkap dan mudah ditemukan di sini.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak menawarkan eksotika keindahan alam dengan komposisi yang pas antara pantai dan tebing-tebing perbukitan. Untuk kamu yang menyukai fotografi, destinasi yang satu ini pas untuk didatangi.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut