get app
inews
Aa Read Next : Cari Tempat Jogging di Bandung? Inilah 6 Pilihan Terpopuler yang Harus Dikunjungi

Hobi Olahraga Fitnes, Editor Kampus TNI AD di Cimahi Terinspirasi Andika Perkasa

Senin, 16 Oktober 2023 | 22:46 WIB
header img
Olahraga fitnes sekarang menjadi gaya hidup baru dan banyak digemari oleh kalangan muda karena dapat meredakan stres, mendapatkan postur badan yang bagus, dan membuat pikiran lebih fresh. Foto/Istimewa

CIMAHI,Inews Bandungraya.Id - Bagi sebagian orang olahraga adalah cara untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas pekerjaan. Selain itu dengan olahraga rutin tubuh menjadi sehat dan juga bisa memberikan banyak hal positif untuk kesehatan tubuh dan mental.

Saat ini olahraga fitnes jadi salah satu yang banyak dicari. Tidak hanya digemari oleh anak muda tetapi juga digemari oleh orang dewasa. Biasanya olahraga jenis ini dilakukan di gym atau pusat kebugaran dengan alat-alat yang sudah tersedia.

Seperti yang dilakukan oleh M. Ismail Mangkusubroto, S.Hub.Int., M.Hub.Int., atau yang biasa disapa Bang Ismail, seorang editor di salah satu kampus milik TNI Angkatan Darat di Kota Cimahi. Dia mengaku, bahwa dalam seminggu menjadwalkan waktu untuk mengangkat beban sebanyak empat kali.

Tidak cukup hanya itu, dirinya juga menambah porsi latihan fisiknya satu hari lain untuk melakukan olahraga jogging dan dua hari untuk istirahat atau rest day. “Saya rutin olahraga angkat beban setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. Senin sampai Jumat di malam hari setelah pulang dari kantor, dan Sabtu di pagi hari. Selasa, Kamis saya gunakan untuk rest day, dan Minggu untuk jogging,” tuturnya, Senin (16/10/2023).

Pria murah senyum ini bercerita bahwa sudah mulai mengangkat beban dari tahun 2004 saat masih bersekolah dasar di bangku kelas empat. Lalu memulai kembali tahun 2012 saat bersekolah SMA hingga tamat di tahun 2014, dan melanjutkan kembali fitnesnya di tahun 2022 hingga saat ini.

Kebetulan dulu di rumah punya beberapa alat, dan ayahnya yang sering ngajarin cara penggunannya. Terus karena alatnya rusak akhirnya sempat berhenti dulu fitnessnya.

Lalu ketika duduk dibangku SMA tahun 2012, kebetulan juga di sekolahan ada gym, dirinya latihan setiap abis pulang sekolah sama beberapa teman kelas. "Itu berjalan sampai saya lulus SMA di tahun 2014, abis itu berhenti lagi nge-gymnya. Baru di tahun 2022 kemarin bulan April, saya mulai lagi untuk fitness dan sampai sekarang tetap konsisten,” tuturnya.

Menurutnya, banyak manfaat yang didapatkan melalui olahraga yang dilakukan khususnya fitness. Mulai dari dapat meredakan stres, mendapatkan postur badan yang bagus, dan lebih fresh. Sebab apa yang menjadi pikiran (stress), itu dapat dibuang dengan melakukan angkat beban.

Selain itu dengan rutin latihan di gym, juga membuka jaringan pertemanan yang luas. Karena di gym otomatis kenalan dengan orang baru, dan di hari berikutnya ketika ke gym, itu pasti bertemu lagi dengan orang baru. Dengan begitu jadi menambah pertemanan.

"Alhamdulillah, dengan saya latihan di tempat yang sekarang (Rai Fitness Bandung), saya dapat menambah kenalan seperti dengan Mas Ade Rai, Chef Henri, bahkan beberapa hari lalu saya bertemu dengan Kapten Inf. Endik S. Hehanussa, setelah sebelumnya hanya berjumpa via media sosial," tuturnya.

Kedepannya, Bang Ismail mempunyai misi untuk mencoba pusat kebugaran dimana pun dia menuju suatu kota. Serta sangat berharap apabila suatu hari nanti dapat latihan fitness bersama mantan Panglima TNI, Jenderal TNI Purn. Andika Perkasa.

Beliau merupakan salah satu sosok yang menginspirasi dalam fitness. Apalagi ketika masih menjadi KASAD, Andika Perkasa adalah pembina di tempatnya berdinas.

"Pokoknya, saya berharap bisa bertemu dengan Jenderal Andika dan latihan bersama. Terus kalau ke suatu kota maka yang saya cari adalah tempat gym. Jadi ibarat kalau orang liburan yang dicari kuliner, kalau saya dicari gym-nya," pungkasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut